Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Rindam IM Pertahankan Trophy Juara Pada Lomba Perahu Hias Tahun 2017

Dibaca: 90 Oleh 21 Agu 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Banda Aceh. Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Rindam IM) berhasil mempertahankan gelar juara 1 pada perlombaan perahu hias dalam rangka HUT RI ke 72 tahun 2017 di sungai Krueng Aceh, Banda Aceh, Minggu (20/08/2017).

Lebih dari 30 peserta yang mengikuti perlombaan perahu Hias tersebut, dimana perahu Rindam IM mendapatkan nomor undian ke 21 yang mengangkat tema “Gebyar Budaya Nusantara Aceh” yang mengangkat kearifan lokal Aceh.

Danrindam Iskandar Muda Kolonel Inf Niko Fahrizal melalui Kordinator dan Kreator perahu hias Rindam IM Letkol Inf Slamet Riyanto Dandodik Bela Negara Rindam IM menjelaskan bahwa pengambilan tema tersebut cukup beralasan, karena yang ditampilkan dalam perahu hias tersebut terdapat 5 (Lima) tematik, yakni pertama burung garuda yang mencerminkan Kebhinekaan kehidupan masyarakat Aceh.

Kedua, lanjut Letkol Inf Slamet Riyanto, Rumoh Adat Aceh. Menurutnya, Rumoh Adat Aceh merupakan fakta sejarah kehidupan masyarakat Aceh pada tempo dulu. “Seperti Rumoh Aceh yang ada di museum Aceh dan Rumoh Aceh Tjut Nyak Dhien di Lampiseng, saat ini menjadi icon dan kebanggaan masyarakat Aceh” ungkapnya.

Baca juga:  Pemda Banjar Gelar Banjar Expo Tahun 2015

Kemudian ketiga tarian saman dan musik rapae dan rapae pase serta serune kali, menjadi hiburan khas masyarakat Aceh saat acara-acara tertentu. “Kendati musik dan tari-tarian tersebut merupakan kearifan lokal Aceh, yang saat ini sudah dikenal sampai manca Negara”, jelasnya.

Keempat Kubah Masjid, dimana menurut Letkol Inf Slamet kubah masjid itu menggambarkan bahwa masyarakat Aceh menerapkan syariat Islam sebagi sendi kehidupan bermasyarakat di bumi serambi mekah. Dan yang kelima adalah miniatur Pesawat Dakhota RI 001 Seulawah Air yang menjadi saksi, bahwa Aceh merupakan daerah modal bagi kemerdekaan Republik Indonesia yang kini berusia 72 tahun.

Selain lima tematik diatas, perahu tersebut juga dihiasi oleh berbagai ornamen hiasan khas budaya Aceh ala pelaminan yang dilengkapi rumbay- rumbay berwarna emas dan hitam. Kemudian dihiasi pula dengan bendera dan umbul-umbul merah putih yang menguatkan masyarakat dalam bingkai NKRI.

Selama perlombaan, perahu hias milik Rindam IM ini membuat penonton yang hadir terpukau terlebih bagi para juri. Sampai akhirnya perahu Rindam IM dikukuhkan sebagi juara pertama sekaligus mempertahankan trophy juara.

Baca juga:  Kunjungan Kerja Aspam Kasad Di Jajaran Kodim 1705/Paniai

Sementara untuk juara kedua di raih oleh satuan (mPomdam IM dan juara ketiga disabet oleh Paldam IM). Sedangkan juara harapan satu diraih oleh Dinas Kebudayaan dan Parawisata Aceh dan harapan kedua diraih oleh Yonif Raider 112/DJ serta juara harapan ketiga dimenangkan oleh Zidam IM. (Pendam IM).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel