Skip to main content
Pasukan Garuda

Sambut HUT Ke 72 RI, Satgas UNIFIL Gelar Aneka Lomba

Dibaca: 123 Oleh 09 Agu 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Marjayoun. Gema peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pastinya dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada, termasuk para Prajurit TNI yang saat ini tergabung dalam Satgas Military Police Unit (MPU) Kontingen Garuda TNI XXV-I/UNIFIL Lebanon. Mereka punya cara tersendiri untuk merayakan momen bersejarah bangsa Indonesia bersama dengan para Peacekeepers dari negara lain seperti Brazil, Spanyol, Perancis, Nepal, Austria, Kamboja, El Savador, India dan Indonesia sendiri di Markas Sector East Military Police Unit UNP 7-3 Gajah Mada Base Blat Marjayoun, Lebanon Selatan, Minggu, (6/8/2017).

1a__7_

Acara yang bertemakan “Kebersamaan Untuk Perdamaian”, ini diawali dengan sambutan Komandan Kontingen Garuda TNI UNIFIL Kolonel Inf Surya Wibawa S yang dibacakan oleh Dansatgas MPU Konga TNI XXV-I/UNIFIL Letkol Cpm Joni Kuswaryanto yang juga selaku UNIFIL SEMPU CO. Dalam sambutannya tersebut Komandan Kontingen Garuda TNI UNIFIL mengatakan bahwa acara olahraga bersama ini selain untuk meningkatkan Nasionalisme dan Patriotisme Prajurit TNI juga diselenggarakan untuk menjaga silaturahmi para pasukan penjaga perdamaian di Lebanon, baik yang tergabung dalam misi UNIFIL maupun UNTSO.”

Baca juga:  Satgas Kizi TNI Konga XX-T Monusco Terima Kunjungan Tim Inspeksi OEI Monusco

Kegiatan lomba seperti ini juga dilakukan seluruh masyarakat Indonesia dimanapun pada bulan Agustus. Selanjutnya Dansatgas juga menceritakan sedikit sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah sampai dengan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh Proklamator Ir. Soekarno dan Moh. Hatta.

Sebelum aneka perlombaan dimulai, para Peacekeepers diajak untuk berjoged bersama mengikuti irama musik dari Provinsi NTT, tari Gemu Famire yang ternyata disukai dan sangat dinikmati gerakan serta musiknya. Perlombaan khas Indonesia yang digelar seperti balap karung, joged balon, babi ngepet, bakiak, makan kerupuk, mengambil koin dalam buah semangka, memasukkan pensil ke botol, memecah balon. “ It’s Very Funny and I Never Seen Before, Awesome”. Demikian komentar Major Predag Ruzic Perwira dari Kontingen Serbia.

Sepanjang pertandingan dipenuhi dengan tertawa dan gembira. Sosok Prajurit tangguh dari negara-negara Eropa pun mengalami kesulitan saat lomba bakiak dan lomba makan kerupuk.

Selain pemberian hadiah lomba bagi para pemenang, panitia juga memberikan Lucky Draw. Hadiah bagi para peserta yang beruntung dipanggil nomornya. Bahkan Prajurit Nepal begitu senangnya mendapat Doorprize dan menari di tengah lapangan.

Baca juga:  Puluhan Tahun Berpisah, Dua Veteran Perang Kemerdekaan RI Dipertemukan Kembali

“Ini ide yang baik untuk membuat kita semakin akrab dan saling mengenal,” ujar Kapten Anton yang berkebangsan Finlandia & dari Observer Grup Lebanon (OGL).

Dalam kesempatan terakhir, Lt. Col. Dominguez Komandan Batalyon Spanyol memberikan sambutan bahwa acara seperti ini sangat bagus, semarak dan menarik sekaligus mengucapkan selamat merayakan hari ulang tahun kemerdekaan.

Acara ini pun ditutup oleh Wadansektor Timur Kolonel Inf Pribadi Jatmiko dengan ucapan terima kasih dan semoga semangat para Peacekeepers tetap terjaga sampai akhir misi. Kemudian dilanjutkan foto bersama seluruh panitia dan peserta yang hadir. “Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 72 !!. Mari terus bekerja bersama membangun Indonesia Jaya,” pungkas Wadansektor Timur Kolonel Inf Pribadi Jatmiko. (Satgaspen UNIFIL)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel