TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Selama 9 Bulan, Yonif 131/Brs Sukses Amankan Perbatasan RI-Malaysia

By 21 Aug 2017 12:07Berita Satuan
2__1_

TNI AD – Kubu Raya, Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Sulaiman Agusto, S.IP., M.M., melepas Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti yang Purna Tugas untuk kembali ke homebase. Pelepasan berlangsung di Lapangan Upacara Mapomdam XII/Tpr, Jalan Rahadi Usman, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (20/8/2017).

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Andika Perkasa, dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Sulaiman Agusto, mengucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit Yonif 131/Brs. Pangdam mengapresiasi keberhasilan para prajurit dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara, menjaga perbatasan RI – Malaysia dengan baik.

“Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti telah melaksanakan tugas operasi pengamanan selama kurang lebih sembilan bulan di sepanjang perbatasan RI-Malaysia. Tentunya dengan bekal penugasan yang telah dilaksanakan selama ini, banyak memberikan manfaat berarti bagi masyarakat Indonesia di perbatasan dan pengalaman bagi personel satuan yang melaksanakan tugas operasi,” ujar Pangdam.

Pelaksanaan tugas operasi Pamtas RI – Malaysia merupakan implementasi terhadap pelaksanaan UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI terutama OMSP yang berbunyi, tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang adalah mengamankan wilayah perbatasan.

Menyikapi berbagai permasalahan di perbatasan RI – Malaysia, Satgas Pamtas telah berbuat banyak dalam menjaga wilayah perbatasan dengan menggagalkan berbagai kegiatan illegal trading termasuk peredaran miras dan narkoba.

Selain itu, dengan pendekatan humanis kepada masyarakat dan para tokoh-tokoh di sekitar Pos Pamtas, masyarakat dengan sukarela dan ikhlas menyerahkan senjata-senjata mereka kepada Pos Satgas tersebut.

Selanjutnya Pangdam mengharapkan Prajurit Yonif 131/Brs sebagai prajurit Sapta Marga dan prajurit profesional yang menyadari prestasi telah diraih dalam penugasan dapat dipertanggungjawabkan dan dipertahankan. Pangdam meminta prestasi tersebut hendaknya dijadikan pelajaran berharga sebagai sumber inspirasi untuk melaksanakan tugas lebih baik.

Pangdam mengingatkan unsur pimpinan Satgas Yonif 131/Brs untuk kembali melaksanakan pengecekan personel dan materiil. “Dalam pelaksanaan Serpas jaga faktor keamanan, semoga selamat sampai tujuan dan sampaikan salam hormat saya kepada keluarga yang telah menunggu di homebase”, pungkas Pangdam.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Selama 9 Bulan, Yonif 131/Brs Sukses Amankan Perbatasan RI-Malaysia