TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Serka Darwis Salah Satu Inspirator Dalam Membangun Ketahanan Wilayah

By 10 Aug 2017 17:49Berita Satuan
7__5_

TNI AD – Kendari. Bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 1412-03/Rante Angin Serka Muh. Darwis mampu menjadi inspirator bagi masyarakat di daerah tempatnya berdinas. Pasalnya, pria kelahiran Bulukumba 48 tahun lalu tersebut telah berhasil merubah cara berpikir dan berperilaku negatif masyarakat di wilayah binaannya. Wilayah tersebut meliputi empat desa yakni di Kelurahan Ranteangin, Desa Landolia, Desa Rantebaru dan Desa Maroko.

Semenjak dirinya ditugaskan pada bulan Maret tahun 2009 lalu, Serka Muh. Darwis perlahan-lahan terus melakukan pendekatan kepada masyarakat guna merubah kebiasaan yang bersifat negatif menjadi masyarakat yang memiliki etos kerja yang tinggi. Kebiasaan masyarakat yang senang mabuk-mabukan menjadikan Serka Muh.Darwis merasa prihatin dan bertekad untuk merubah kebiasaan tersebut. “Kebiasaan mabuk-mabukan harus dihentikan karena dapat memicu keonaran dan perkelahian antar suku,” tegas Serka Moh. Darwis. “Kebiasaan itu juga akan mengurangi kesejahteraan hidup mereka,” lanjut Darwis.

7__1_

Dengan metode pendekatan dan sosialisasi dan koordinasi yang ditempuh Serka Darwis kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pemerintah setempat, setiap program-program yang ditargetkan oleh Serka Darwis selalu berjalan sukses. Hali ini dapat dilihat pada program Upsus Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh pemerintah tahun 2014 lalu. Program ini pada awalnya mendapatkan hambatan berupa penolakan dari sebagian warga Desa binaanya, namun dirinya bisa membuktikan bahwa program pemerintah itu benar-benar ditujukan untuk kesejahteraan rakyat dengan dengan membuka areal persawahan seluas ± 1 Ha yang dipinjamnya dari warga Desa dengan menghasilkan produksi padi yang bagus. Akhirnya dengan percontohan yang diberikan oleh Serka Darwis tersebut, masyarakat diempat Desa tersebut meningkatkan lahan pesawahannya dari semula 40 Ha menjadi 340 hektar dalam kurun waktu hanya 2 tahun.

Selain dibidang pertanian, Serka Darwis juga sangat memperhatikan masalah pendidikan bagi masyarakatnya. Sebagai wujud perhatinnya tersebut, hampir setiap hari Serka Darwis menyeberangkan anak-anak sekolah melalui Gondola (Jembatan tali berkatrol) melewati Sungai Ranteangin di Desa Maroko yang memiliki kedalaman 6 meter. “Serka Darwis menegaskan bahwa aktivitasnya menyeberangkan anak sekolah semata-mata merupakan panggilan hati nurani sebagaimana konsekuensi dirinya sebagai prajurit TNI yang selalu setia pada Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI”, ucapnya

Tidak hanya itu Serka Darwis juga berhasil merubah kebiasaan nelayan dalam menangkap ikan dengan menggunakan bom ikan menjadi lebih baik melalui koordinasinya dengan segenap stakeholders setempat dan berhasil mengamankan para perlaku yang biasa melakukan penangkapan ikan dengan cara mengebom. Atas keberhasilan tersebut, masyarakat Desa Landolia mewujudkan apresiasinya dengan memberikan hadiah kepada Serka Darwis berupa 1 (satu) unit Rumah Pos Babinsa berukuran 7 X 9 meter di dalam wilayah Desa Landolia Kecamatan Ranteangin, Kab. Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Serka Darwis Salah Satu Inspirator Dalam Membangun Ketahanan Wilayah