Skip to main content
Berita Satuan

Tim Ekspedisi NKRI Ajak Pelajar di Asmat Jauhi Narkoba

Dibaca: 1 Oleh 23 Agu 2017Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Asmat. Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-1/Asmat memberikan penyuluhan bahaya Narkoba dan bahaya merokok kepada generasi muda yang dimulai dari siswa-siswi Sekolah Dasar kelas 6 di SD Inpres Syuru, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Selasa (22/8/2017).

Materi bahaya Narkoba dan merokok diberikan kepada siswa SD kelas 6 yang merupakan generasi muda yang akan menginjak sekolah menengah pertama (SMP). Kegiatan diawali pemutaran film animasi bahaya Narkoba serta replika Narkoba menjadi bagian yang menarik dari kegiatan penyuluhan di SD yang terletak di Distrik Agats, Kabupaten Asmat itu.

Sebanyak 60 orang pelajar memperhatikan dengan seksama cerita film. Setelah pemutaran film, Tim Ekspedisi NKRI memberikan pertanyaan seputar film sehingga para pelajar mampu belajar menganalisa.

6a__2_

Dihadapan para siswa, Tim Ekspedisi menyampaikan bahwa Narkoba singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Obat terlarang yang dapat merusak atau melumpuhkan otak.

Pada awalnya orang yang mengkonsumsi Narkoba biasanya diawali dengan perkenalannya dengan rokok. Penyalahgunaan Narkoba terhadap anak, remaja dan pelajar ditandai dengan perubahan dalam sikap yaitu sering membolos, menurunnya disiplin dan nilai-nilai pelajaran, mudah tersinggung, cepat marah, sering menguap, mengantuk, malas dan tidak mempedulikan kesehatan diri.

Baca juga:  Peduli Kesehatan Warga, Satgas Yonarmed 6/3 Gelar Yankes Di Desa Fatutasu

Tujuan dari peredaran Narkoba tidak lain adalah untuk menghancurkan generasi bangsa, sehingga kita tidak lagi menjadi bangsa yang kuat karena masyarakatnya bodoh akibat kecanduan dan ketergantungan Narkoba. Akibatnya bisa menghancurkan semuanya, baik sekolah, keluarga bahkan harta juga akan habis dan yang lebih parah lagi kejahatan akan semakin meningkat.

“Penyuluhan Narkoba adalah sebuah upaya untuk memperbaiki perilaku, yakni pada tingkat sebelum seseorang menggunakan narkoba agar mampu menghindar dari penyalahgunaannya. Upaya ini diharapkan efektif karena ditujukan pada mereka yang belum pernah menggunakan,” ungkap Dansubkorwil Mayor Inf Feby Andrianto

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas Kementerian/Lembaga, TNI – Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, Pramuka dan didukung masyarakat setempat. Kegiatan ini dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia. Tim Ekspedisi NKRI mengajak generasi muda untuk peduli dan lestarikan alam Indonesia.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel