Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

TNI Bentuk Karakter Generasi Penerus Bangsa

Dibaca: 4 Oleh 05 Agu 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Jember. Pembinaan generasi muda khususnya pelajar melalui organisasi Pramuka Saka Wira Kartika adalah upaya strategis dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berkualitas, berkarakter serta kaya akan wawasan kebangsaan dan memiliki jiwa bela negara.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim 0824 Jember terkait pembinaan dan latihan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan di area dangkal Sungai Bedadung Jember, Jumat (4/8/2017).

12__1_

Materi yang dilatihkan kali ini diantaranya meliputi materi Krida Navigasi Darat, Krida Pionereeng, Krida Mountainering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana serta materi lainnya termasuk pemberian wawasan kebangsaan

“Latihan ini kami pusatkan sengaja di Kali Bedadung Jember, karena tempat tersebut dipandang tepat untuk latihan lapangan yang dibutuhkan, utamanya survival dan penanggulangan bencana yang melibatkan 63 orang anggota Pramuka Saka Wira Kartika”, Jelas Pasiter Kodim 0824 Jember Kapten Chb Hadi Windoko.

Acara tersebut diawali dengan pemberian materi wawasan kebangsaan oleh Pasiter Kodim 0824 kapten Chb Hadi Windoko. Dalam materinya Pasiter Kodim menegaskan agar keberadaan Pramuka Saka Wira Kartika mampu menjadi pelopor gerakan anti paham radikalisme dan terorisme.

Baca juga:  Bus Gratis Kodim Jember, Antar Warga Capai Harapan

Pasiter juga menjelaskan kondisi saat ini dengan perkembangan global modernisasi informasi dan industrialisasi yang sangan memudahkan kita dalam menyerap informasi dunia melalui internet melalui media sosial dan lain-lain.

“Untuk itu adik-adik diharapkan mampu menfilter sendiri terhadap informasi yang berkembang liar apalagi tanpa diketahui sumbernya, jangan sampai adik-adik utamanya Pramuka ini terjebak pada paham-paham radikal maupun terorisme tersebut. hal tersebut sangat merugikan diri kita sendiri, keluarga, masyarakat bangsa dan negara, karena adik-adik adalah kader generasi bangsa yang diharapkan dapat memajukan dan menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI dimasanya nanti”, tegas Pasiter.

Setelah materi Wawasan Kebangsaan, para anggota Saka Wira kemudian dilatihkan cara repling dan lain-lain dalam rangka membentuk generasi muda yang mampu melakukan pertolongan saat terjadi bencana alam dan kondisi lain saat dibutuhkan oleh tim pelatih yang terdiri dari Pelda Suprapta, Serma Iwan Abdilah, Serka Edi Siswanto.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel