Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

Unpatti Gelar Talk Show Kebangsaan Hadirkan Irjen Kemenhan RI dan Pangdam Pattimura

Dibaca: 49 Oleh 20 Agu 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Ambon. Irjen Kemenhan RI Letjen TNI Agus Sutomo dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menjadi narasumber Talk Show kebangsaan dengan tema “Nasionalisme, Seni budaya, Pariwisata dan Ekonomi kreatif ” bertempat di gedung Auditorium Kampus Unpatti Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Sabtu (19/8/2017).

4a

Irjen Kemhan RI Letjen TNI Agus Sutomo dalam materinya mengatakan, Program Emas Biru, Emas Hijau dan Emas Putih yang digagas Kodam XVI/Pattimura sudah menjadi suatu kebanggaan bagi semua. “Di era globalisasi yang penuh persaingan ini, kita dapat menjawabnya dengan program tersebut,”ujarnya.

Letjen TNI Agus Sutomo menambahkan, dengan adanya program tersebut, wilayah Maluku khususnya diharapkan mampu meningkatkan pembangunan, sekaligus mampu menangkal arus globalisasi yang makin kencang menerpa kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita harus terus waspada terhadap ancaman yang nyata baik berupa radikalisme, terorisme dan pemberontakan bersenjata dan juga penyalagunaan narkoba yang merupakan suatu ancaman yang harus kita hadapi,”ungkapnya.

“Saya mengajak seluruh adik-adik mahasiswa untuk bangga sebagai bangsa Indonesia yang mempunyai alam sangat indah, khususnya Maluku yang memiliki potensi hasil alam dan laut sangat melimpah. Kita patut bersyukur dan harus menjaga kelestariannya, karena hal ini merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa”, ujar Letjen TNI Agus Sutomo.

Baca juga:  Kodim Tidore dan Mahasiswa sosialisasikan Bahaya Narkoba

Sementara itu Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Munardo dalam materinya menyampaikan, tentara merupakan abdi negara pejuang rakyat yang berasal dari dan untuk rakyat, maka sejatinya tentara merupakan milik semua komponen masyarakat. “Kita sadari di wilayah Maluku sering terjadi konflik antara masyarakat, salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah kesenjangan sosial. Hal tersebut dapat teratasi dengan Program unggulan Emas Hijau dan Emas Biru yang dipelopori oleh Kodam XVI/Pattimura,”ucapnya.

“Program Emas Hijau menitikberatkan pembuatan bibit pohon keras dan buah, dikembangkan dan di tanam di hutan Maluku, sedangkan Program Emas Biru yang menitikberatkan pada penggunaan keramba jaring apung, selain menangkap ikan, potensi laut dapat dimanfaatkan dengan pengembang biakkan dan pemeliharaan,”tegasnya.

“Melalui kerja sama dengan pemerintah dalam mengembangkan program unggulan Emas Biru dan Emas Hijau tersebut, agar dapat mengangkat tarap hidup dan kesejahteraan masyarakat Maluku, sehingga tidak terjadi kesenjangan dan perdamaian bisa terjadi,”ungkap Mayjen TNI Doni Munardo.

Sedangkan Rektor Universitas Pattimura, Prof Dr M.J. Sapteno Sm.MM mengatakan, generasi muda mempunyai tugas menjaga kesatuan Republik Indonesia, dengan nilai-nilai positif sebagai suatu sarana meningkatkan jiwa nasionalisme. “Program unggulan yang digagas Pangdam XVI/Pattimura yaitu program Emas Biru,Emas Hijau dan Emas Putih merupakan ikon unggulan bukan hanya terkenal sampai skala nasional tetapi juga internasional,”tuturnya.

Baca juga:  Pembukaan Pelatihan Budi Daya Kelautan

Hadir dalam kegiatan tersebut para Perwira Ahli dan Asisten Kodam XVI/PT, Ketua PARFI 56 / Kadin Pokja Film dan Seni Budaya Marcella Zalianty, Ketua Umum DPP AMPI Dito Aryotejo dan Ketua Empower Youth Indonesia Iksan Tualeka.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel