TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Wakasad Beri Pengarahan Pada Staf Lat Ancab TNI AD 2017

By 09 Aug 2017 17:14Berita Satuan
WhatsApp_Image_2017-08-09_at_07.32.58

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Hinsa Siburian memberikan pengarahan kepada para Perwira Koordinator, Pelatih dan Penilai Materi Latihan Antar Kecabangan (Lat Ancab) TNI AD tahun 2017, bertempat di Komando Latihan Pusat Latihan Tempur (Kolat Puslatpur) Angkatan Darat Martapura, Baturaja, Sumatera Selatan, Selasa (8/8/2017).

WhatsApp_Image_2017-08-09_at_07.32.59

Dalam pengarahannya Wakasad Letjen TNI Hinsa Siburian menyampaikan, beberapa hal yang berkaitan dengan profesionalitas TNI, manajemen penyelenggaraan latihan dan penerapannya, metoda latihan dan konsep umum operasi latihan.

Wakasad menambahkan, ada 3 (tiga) tataran dalam tujuan pelaksanaan program latihan. “Pada tataran Angkatan Darat, proses pemrograman sampai dengan pencatatan dan pelaporan program latihan Angkatan Darat untuk mencapai standar kemampuan yang ditetapkan pada program latihan program pengembangan kekuatan,”ujarnya.

“Sedangkan pada tataran satuan pelaksana, proses perencanaan program sampai dengan pencatatan dan pelaporan program latihan untuk mencapai standar kemampuan yang ditentukan dalam program satuan. “Pada pelaksanaan latihan, proses penyelenggaraan latihan meliputi kegiatan perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, pengakhiran serta pengendalian latihan untuk mencapai standar kemampuan yang ditentukan dalam direktif latihan,”ungkap Letjen TNI Hinsa Siburian.

Wakasad menegaskan, Latihan Antar Kecabangan Angkatan Darat yang digelar tahun ini merupakan Latihan Tempur Tingkat Brigade dengan melibatkan Brigade Infanteri Mekanis 6/TSB Divisi Infanteri 2 Kostrad sebagai pelaku utama latihan dengan didukung satuan-satuan bantuan tempur dari Kavaleri, Artileri Medan, Artileri Pertahanan Udara, Penerbad serta dukungan dari kecabangan lainnya di Angkatan Darat.

“Dilaksanakannya Latihan Antar Kecabangan ini memiliki urgensi yang meliputi terwujudnya sinergitas satuan antar kecabangan dalam melaksanakan manuver tingkat Brigade Mekanis, sarana pematangan menuju latihan gabungan TNI tahun 2017, bahan evaluasi dalam pembinaan kemampuan operasional satuan dan untuk memperoleh data kemampuan tempur satuan,”tutur Wakasad.

Latihan puncak Antar Kecabangan Angkatan Darat tahun 2017 ini berlangsung pada tanggal 12 Agustus 2017 mendatang dan menurut rencana akan disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Wakasad Beri Pengarahan Pada Staf Lat Ancab TNI AD 2017