Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Anggota TNI Berjibaku Padamkan Api di Gunung Bromo

Dibaca: 52 Oleh 14 Sep 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Poncokusumo. Koramil 0818/24 Poncokusumo membantu balai taman nasional wilayah ngadas Kec. Poncokusumo memadamkan kebakaran padang rumput di Gunung Bromo.

Danramil 0818/24 Poncokusumo Kapten Inf Puguh Sumarsono beserta anggotanya terus berjibaku memadamkan api yang sudah mencapai 80 hektar.

WhatsApp Image 2017-09-14 at 09.32.17

Danramil menuturkan bahwa pihaknya saat ini menangani kebakaran di kawasan konservasi padang sabana Bromo. Namun upaya pemadaman sempat terkendala alam karena angin sedang kencang. “Area yang terbakar diperkirakan mencapai lebih 80 hektar lahan. Puluhan hektar lahan itu, tidak hanya padang sabana, namun juga area perbukitan yang mengelilingi Gunung Bromo. Mudah-mudahan bisa segera padam,” pungkasnya.

Lebih lanjut Kapten Inf Puguh Sumarsono menjelaskan bahwa selain TNI ada pihak lain yang turut membantu dalam penangana kebakaran tersebut, diantaranya dari unsur Polri, relawan Bromo Lovers dan pihak lainnya. “Kebakaran di padang sabana lebih mudah diatasi. Tapi yang di lereng atau tebing cukup sulit. Titik api juga merambat ke daerah Jontur, Watu Kuto, dan lereng B29 yang terletak di sisi selatan gunung Bromo. Bahkan api juga dilaporkan membakar area flora di sekitar Penanjakan Kabupaten Pasuruan, meliputi dingklik dan bukit cinta,” jelasnya.

Baca juga:  FKPPI Jombang Ambil Bagian Dalam TMMD Ke-96 di Dusun Mrican Kecamatan Wonosalam

Diungkapkan Danramil bahwa awal mula kebakaran diketahui oleh wisatawan saat berkunjung di sekitar bukit teletubbies. “Untuk penyebabnya, belum kami ketahui secara pasti. Saat ini kami masih fokus kepada proses pengendalian api, baru kemudian menyelidiki penyebabnya,” tutup Danramil. (Penrem 083/Bdj)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel