TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Anggota TNI di Perbatasan Ajari Warga Buat Kursi dari Rotan

By 11 Sep 2017 18:43Berita Satuan
7a

TNI AD – Tanah Merah. Warga kampung Upkim dan Waropko, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel memadati pelataran Pos Km. 116 Satgas Yonif 405/SK untuk menerima pelatihan pembuatan kursi dengan menggunakan bahan rotan, Jumat (08/09/2017)

Sebanyak 30 warga Kp. Upkin tersebut mendapatkan pelatihan dari Kopda Pramono (anggota Pos Km. 116 Satgas Yonif 405/SK) tentang bagaimana cara membuat kursi rotan dengan menggunakan peralatan sederhana. Peralatan itu seperti gergaji, tang, palu, meteran, pisau dan paku. Sedangkan untuk bahannya menggunakan rotan yang mudah didapatkan dari hutan.

 

Dalam praktek pembuatan kursi, Kopda Pramono menjelaskan tentang proses pelengkungan rotan untuk membentuk kerangka kursi sesuai dengan variasi yang diharapkan. Kemudian proses penganyaman yang bertujuan untuk menutupi kerangka kursi. Dan terakhir proses pengecatan atau finishing untuk memberikan warna kursi sesuai dengan motif yang diinginkan.

Menurut Bp. Cornelis, seorang tokoh pemuda dari Kp. Upkim mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan oleh satgas Pamtas Yonif 405/SK ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. ”Dengan tidak adanya toko meubel di wilayah Distrik Waropko, kini masyarakat dapat memanfaatkan rotan untuk dibuat menjadi kursi”, ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa biasanya warga menggunakan kayu untuk dibuat kursi, tapi bukan dari bahan rotan, dan ini merupakan pengalaman pertama kami dalam membuatnya. Disamping kuat dan tahan lama bahan rotan juga memiliki beban yang ringan sehingga mudah untuk dibawa ataupun dipindahkan dari satu tempat ke tampat lain.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Anggota TNI di Perbatasan Ajari Warga Buat Kursi dari Rotan