Skip to main content
Kodam VI/Mulawarman

Berkat Pendekatan Teritorial, Satgas Pamtas Terima 78 Pucuk Senpi Rakitan

Dibaca: 219 Oleh 21 Sep 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Sungai Agison. Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia dari Batalyon Infanteri 611/Awang Long (Yonif 611/Awl) yang berkedudukan di Samarinda mengamankan 78 pucuk senjata api rakitan dari masyarakat yang diserahkan secara secara sukarela, bertempat di Kotis, Sungai Agison, Kalimantan Utara, Selasa (19/9/2017).

Komandan Satgas Pamtas 611/Awl Letkol Inf Sigit Hengki Purwanto mengatakan bahwa Yonif 611/Awl yang melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI – Malaysia di Kalimantan Utara telah memasuki 8 (delapan) bulan penugasan. “Selama penugasan tersebut, Yonif 611/Awl memperoleh 78 senjata rakitan yang diserahkan secara sukarela oleh warga, karena warga simpatik terhadap prajurit yang bertugas di lapangan,” ujarnya.

Dansatgas menyampaikan bahwa prajurit yang bertugas selalu berusaha mendekatkan diri dengan masyarakat. “Pendekatan yang kita lakukan dengan masyarakat setempat diantaranya melalui anjangsana, silaturahmi ke rumah warga, karya bakti, komunikasi sosial dan Pembinaan Pertahanan Wilayah (Bintahwil),” ungkapnya.

“Selain itu, prajurit juga pro aktif menghadiri undangan, menghormati adat istiadat, olahraga bersama, kegiatan agama bersama warga, mengajar di sekolah-sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA,” jelas Dansatgas.

Baca juga:  Hotspot Menurun, Satgas Karhutla Kalteng Tetap Kerja Keras

Dansatgas menuturkan, dengan pendekatan yang dilakukan prajurit kepada masyarakat yang tinggal di perbatasan RI – Malaysia, warga kemudian percaya untuk menyerahkan senjata api yang dimiliki. Terbukti pada Hari Rabu (20/9/2017) pukul 13.30 WITA, bertempat di Pos Sungai Agison SSK III, telah dilaksanakan penyerahan 6 (enam) pucuk senjata api rakitan jenis Penabur secara sukarela. “Senjata api diterima Danpos Sungai Agison atas nama Sertu Muhammad Don dengan disaksikan Komandan SSK III, Danpos Salang dan seluruh Anggota Pos Sungai Agison serta perwakilan aparat Desa Tinampak II, Desa Tau Baru dan Desa Balatikon,” ucapnya.

Dansatgas menegaskan ke depan, prajurit TNI yang bertugas menjaga perbatasan wilayah Republik Indonesia akan terus melakukan pendekatan ke masyarakat. “Kami akan terus menggelar kegiatan mendekatkan ke warga, seperti pengobatan gratis, sunatan gratis dari rumah ke rumah dan menyelenggarakan penyuluhan hukum, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air serta pada saat patroli patok perbatasan,” pungkasnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel