TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dengan Pendekatan Persuasif, Mantan Anggota Eks GAM Serahkan Senjata

By 11 Sep 2017 19:12Berita Satuan
3__1_

TNI AD-Aceh Barat. Anggota Unit Intel Kodim 0105/Abar Kopda Surya Muhamad Nasir menerima 1 (satu) pucuk senjata api laras panjang jenis AK 56 beserta 1 (satu) buah magazen dan 7 (tujuh) butir peluru aktif yang diserahkan masyarakat mantan Eks GAM bernama Tgk. Dawood alias Bang Buk, warga Desa Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat,Minggu (10/9/2017).

Kopda Surya Muhamad Nasir mengatakan, tidak gampang untuk mendekati dengan mantan kombatan Eks GAM, karena mereka sangat tertutup dan harus dilakukan pendekatan secara terus menerus dengan memperhatikan faktor keamanan. “Saya tidak kehabisan akal dan pantang menyerah. Saya berusaha dekat dengan adik kandungnya yang bernama Husen dan Musliadi,”ujarnya.

3__2_“Penggalangan yang saya lakukan akhirnya membuahkan hasil, melalui kedua adiknya berhasil membujuk Tgk. Dawood agar tidak menyimpan senjata api, karena dapat membahayakan dirinya dan keluarga apabila ketahuan.Dengan pendekatan secara persuasif, akhirnya menyadarkan Tgk. Daood untuk menyerahkan senjata api miliknya,” ucap Kopda Surya Muhamad Nasir.

Sementara itu, Dandim 0105/Abar Letkol Inf. Herry Riana Sukma mengucapkan terima kasih karena senjata tersebut diserahkan atas kesadaran pemiliknya sendiri, bukan karena suatu kejadian atau sebab lain. “Saya bangga kepada Kopda Surya Muhamad Nasir yang telah berhasil melakukan penggalangan dengan masuk ke dalam pihak keluarga mantan Eks GAM dan berhasil merebut hati keluarganya, sehingga dapat menyerahkan senjata dalam keadaan aman,”ungkapnya.

“Dengan penyerahan senjata ini, saya juga sudah melaporkan kepada Komando Atas sekaligus berkoordinasi dengan aparat Kepolisian untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya,”tutur Letkol Inf. Herry Riana Sukma.

Berkat keberhasilannya melakukan pendekatan kepada anggota eks GAM, Dandim Aceh Barat memberikan penghargaan dan hadiah kepada Kopda Surya Muhamad Nasir atas keberhasilannya, sehingga dapat menjadi motivasi bagi prajurit lain untuk bekerja.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dengan Pendekatan Persuasif, Mantan Anggota Eks GAM Serahkan Senjata