TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dengan Peralatan Sederhana, Satgas Karhutla Kotim Kerja Keras Atasi Kebakaran Lahan

By 13 Sep 2017 22:14Berita Satuan
10A__5_

TNI AD – Kotim. Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Kotim melaksanakan pemadaman api yang membakar hutan gambut di pedalaman Desa Nasirih Hulu, Senin (11/09/2017).

Sebelumnya Satgas yang terdiri dari 3 anggota TNI, 3 anggota Polri dan 10 orang Balakarcana tersebut mendapatkan informasi dari BMKG bahwa di titik Co S 2 50′ 47″ E 112 53′ 44″ ada kobaraan api. Titik api itu berada di Ds. Nasirih Hulu Kec. Mentaya Hilir Selatan Kab. Kotim.

10A__4_Melalui jalur darat, tim Satgas langsung menuju ke sasaran dengan membawa peralatan sederhana untuk memadamkan api

Setibanya di lokasi, didapatkan areal yang terbakar merupakan hutan negara yang berjenis gambut. Tim Satgas hanya dapat memadamkan api disekitar bantaran parit yang masih berair. Sedangkan untuk areal yg jauh tidak dapat dijangkau oleh tim.

Luas lahan yg berhasil di padamkan sekitar 0,5 Ha dan merupakan hutan Negara (HP) dengan tumbuhan semak pakis dan tumbuhan kayu.

Mengingat waktu dan cuaca serta medan yang berat dan juga peralatan yang sederhana, maka pemadamanpun dihentikan.

Dandim 1015/Spt selaku Dan Satgas Karhutla Kab. Kotim menyampaikan kepada timnya untuk menghentikan pemadaman api karena medan cukup berat.

“Untuk sementara pemadaman kami hentikan karena ada beberapa titik api di daerah yang sulit dijangkau”, uangkapnya.

Dandim juga menyarakan perlu dilaksanakan pemadaman dengan water bombing (WB) dari udara guna memadamkan api yang terjadi di daerah tertentu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dengan Peralatan Sederhana, Satgas Karhutla Kotim Kerja Keras Atasi Kebakaran Lahan