Skip to main content
Berita Satuan

Ekspedisi NKRI Sambangi Kampung Sumur Aman, Gelar Pengobatan Massal

Dibaca: 91 Oleh 18 Sep 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Tim Pengabdian masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi melakukan pengobatan massal secara gratis di Kampung Sumur Aman, Distrik Menyamur Kabupaten Mappi pada Sabtu (16/9/2017).

Selama empat hari sejak Rabu (13/9/2017) Tim Ekspedisi telah tiba di Kampung Sumur Aman. Tim Ekspedisi NKRI menempuh lima jam perjalanan laut menggunakan dua buah speedboat dan satu buah kapal belang ke Kampung Sumur Aman untuk membawa Tim Ekspedisi NKRI beserta perlengkapan kesehatan. Kampung Sumur Aman merupakan satu dari dua belas kampung yang berada di Distrik Menyamur yang dihuni oleh 60 KK dengan 200 jiwa penduduk yang terdiri dari orang tua dan anak-anak.

6a__2_Komandan Subkorwil-2/Mappi Kapten Inf Pardol beserta Wen (43 tahun) selaku Kesbangpol Pemerintahan Kabupaten Mappi mengatakan bahwa, Tim Ekspedisi NKRI sebelumnya melakukan observasi terlebih dahulu ke Distrik Menyamur.

“Dari 12 kampung yang dikunjungi, Kampung Sumur Aman merupakan kampung yang paling membutuhkan pelayanan kesehatan. Hal ini disebabkan karena dua bulan sebelumnya banyak masyarakat Kampung Sumur Aman yang terkena wabah muntaber dan mengidap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA). Selain itu, pola hidup masyarakat yang masih kurang sadar akan kesehatan adalah penyebab munculnya wabah-wabah penyakit yang merugikan kesehatan masyarakat.”, ujar Kapten Pardol.

Baca juga:  Siapkan Atlet Kelas Dunia, Keuangan AD Gelar Kuad Archery Open Championship 2019

6a__3_

Tim Ekspedisi NKRI membawa lima orang tim kesehatan yakni Kapten Ckm Denny Ganap, Letda Ckm (K) dr.Prima HY , Serda Mardika, Herlan Erari Amd. Kep dan Wulan Tridianti Amd, Keb .Tim kesehatan ini dibantu oleh 20 orang personel Ekspedisi NKRI dikarenakan banyaknya jumlah masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Selain melakukan pengobatan massal secara gratis, Tim Ekspedisi NKRI juga membagikan biskuit untuk Ibu Hamil dan Biskuit untuk anak sekolah guna membantu pemenuhan gizi masyarakat.

Hermanus Djula S.Ip (41 tahun) selaku Kepala Distrik Menyamur, menyampaikan, pengobatan massal ini merupakan kegiatan pelayanan kesehatan pertama sekali di Distrik menyamur, apalagi di Kampung Sumur Aman.

“Kedatangan Tim Ekspedisi NKRI membuat tumbuhnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, dapat dilihat saat senja anak-anak mulai mandi menggunakan sabun, orang tua mencuci sudah mulai menggunakan sabun cuci”, ujarnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel