Skip to main content
Kodam II/Sriwijaya

Gelar Patroli Keamanan, Satgas TNI Temukan Ladang Ganja

Dibaca: 150 Oleh 04 Sep 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Keerom. Tim gabungan Kompi C Satgas Yonif 410/Alugoro yang melaksanakan patroli keamanan sekitar Pos Kalilapar dipimpin Danki C Lettu Inf Sarimin Syaiful serta Danpos Kalilapar Lettu Inf M Ikhsan beserta sepuluh orang anggota, berhasil menemukan ladang ganja yang siap panen ± 40 batang ganja setinggi rata-rata 150 cm, di lereng hutan Kalilapar, Keerom, Papua, Minggu (3/9/2017).

Penemuan ladang ganja ini tidak sengaja dan diluar dugaan, karena setelah berjalan cukup jauh, tim patroli mencurigai adanya lokasi areal lereng bukit yang gundul. Tim patroli mendekati lokasi ini dengan sangat hati-hati dan penuh waspada.

Setelah sampai di lokasi, tim mengamati secara cermat keseluruh areal dan menemukan tanaman ganja setinggi rata-rata 150 cm dan siap panen. Selanjutnya, semua tanaman ganja ini dicabut dan dibawa ke Pos Kalilapar untuk diamankan, selanjutnya diserahkan ke Kolakops Korem 172/PWY sebagai barang bukti.

Danki C Satgas Yonif 410/Alugoro Lettu Inf Sarimin Syaiful mengatakan, ladang ganja yang siap panen ini belum diketahui siapa pemiliknya. “Lokasi penemuan ladang ganja ini berada di lereng hutan antara Kampung Kalilapar dan Kampung Umbapuy,”ujarnya.

Baca juga:  Danrem 044/Gapo Tinjau Serbuan Vaksinasi Di Wilayah Kodim 0403/OKU

Lettu Inf Sarimin Syaiful menyampaikan, untuk manjangkau lokasi ini memang cukup berat dan jauh dari jalan raya dengan medan yang dilalui harus menyeberangi beberapa sungai dan menulusuri lereng gunung serta menembus lebatnya hutan belantara. “Pemilik ladang ganja ini nampaknya sengaja memilih tempat yang jauh dari pemukiman/perkampungan supaya tidak terdeteksi oleh siapapun, terutama pihak keamanan,”ungkapnya.

Sementara itu, Danpos Kalilapar Lettu Inf M Ikhsan mengungkapkan, para pelaku sengaja memilih lereng gunung untuk menanam ganja, karena tanahnya sangat subur dan jauh dari pemukiman warga. “Kedepannya kita akan selalu rutin mengadakan patroli kemanan seperti ini, karena tidak tertutup kemungkinan masih ada lereng-lereng gunung yang sengaja ditanami ganja,” ucapnya.

“Di sepanjang wilayah perbatasan Papua ini memang sangat rentan terhadap penanaman ganja, karena tanah disini sangat subur, dan didukung dengan kondisi cuaca yang sangat sejuk dan sering turun hujan dengan medan yang bergunung-gunung serta hutan yang sangat lebat. Berkat penemuan ini, Satgas akan terus melakukan patroli untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,”tutur Lettu Inf M Ikhsan.

Baca juga:  Pangdam II/Swj : “Komunis Tidak Boleh Hidup Di Bumi Sriwijaya”

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel