TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hadirkan Pengobatan “Door To Door” Untuk Balita Distrik Waris Papua

By 04 Sep 2017 18:32Berita Satuan
4a__3_

TNI AD – Keerom. Anggota personel Pos Kalipay Satgas Yonif 410/Alugoro dipimpin Danki A Lettu Inf Munawar dan Bintara Kesehatan (Bakes) Kompi Serda Gunari berserta beberapa anggota melaksanakan patroli kesehatan door to door dari rumah ke rumah warga Kampung Kalipay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua,Kamis (31/8/2017).

Danki A Lettu Inf Munawar mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena jajaran Satgas khususnya Kompi A menilai, ada beberapa warga masyarakat yang masih kurang peduli dengan masalah kesehatan, mereka menganggap penyakit datang dan akhirnya akan sembuh dengan sendirinya. “Anak-anak yang menderita sakit saluran pernapasan yang bisa berakibat lubang hidung meler dan menyumbat dianggap sebagai hal biasa, padahal ini sangat mengganggu dan menyiksa bagi yang menderita.

“Agar kegiatan ini berjalan efektif, maka Satgas melaksaakan patroli kesehatan door to door, dari rumah ke rumah. Hasil dari kegiatan patroli kesehatan ini telah ditemuinya beberapa ibu-ibu yang sedang menggendong balita menderita sakit saluran pernapasan,”ungkap Lettu Inf Munawar.

Seperti Mama Yustina yang sedang menggendong balitanya bernama Agustina Amoo menderita saluran pernapasan yang berakibat kedua lubang hidung tersumbat ingus dan meler sudah cukup lama. “Iya Pak Danpos, ini anak sudah biasa (hidung ingusan dan meler), anak-anak sini banyak yang seperti ini” kata Mama Yustina sambil menimang balitanya.

Tim patroli juga menemukan Mama Mince yang sedang menimang-nimang balitanya dengan menderita kasus sakit yang sama dengan anak Mama Yustina. “Anak-anak disini banyak yang sakit saluran pernapasan, hidung ingusan dan meler sebelah kanan dan kiri,”ucapnya.

“Dengan adanya pelayanan kesehatan seperti ini, sangat besar manfaatnya bagi kami masyarakat pedesaan. Kami berterima kasih kepada Satgas TNI begitu peduli kepada kesehatan masyarakat, terutama anak-anak,”tutur Mama Mince.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hadirkan Pengobatan “Door To Door” Untuk Balita Distrik Waris Papua