Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

 Kendarai Panser Anoa, Bupati Buka Festival Ronthek Pacitan 2017 

Dibaca: 47 Oleh 06 Sep 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Pacitan. Festival Ronthek Pacitan (FRP) 2017 resmi dibuka oleh Bupati Pacitan Drs. Indartato, M.M. Pembukaan ditandai dengan pemukulan kentongan di lokasi garis start di Jalan A Yani, tepatnya di Nol Km Kabupaten Pacitan/depan SMPN 1 Pacitan, Senin (4/9/2017) malam.

Agak berbeda dari tahun sebelumnya, dimana sebelum membuka kegiatan, Bupati bersama para anggota Forkopimda menaiki kendaraan lapis baja Anoa dari Pendopo Kabupaten Pacitan menuju titik pemberangkatan. Panser produksi PT. Pindad itu didatangkan dari satuan Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 521/Dadaha Yudha, Kediri oleh Kodim 0801/Pacitan.

Selain Forkopimda, hadir pula sejumlah tamu undangan dari daerah sekitar, baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Diantaranya Kabupaten Wonogiri dan Sragen (Jateng), Gunung Kidul (Yogyakarta), Kabupaten/Kota Madiun, Trenggalek, serta Magetan.

13a__1_

Menurut Bupati, festival ini berawal dari tradisi gugah sahur yang selalu dilakukan masyarakat Kabupaten Pacitan sepanjang bulan Ramadhan. Dimana dalam perkembangannya seni budaya yang satu itu kemudian dikembangkan dan dikemas sedemikian rupa menjadi atraksi seni menarik. “Ini juga sebagai ajang promosi pariwisata daerah sekaligus menjadi wadah kreatifitas seni,” katanya.

Baca juga:  Tim Kes TMMD 96 Wilayah Jombang, Temukan Warga Penderita Gondok

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Ronthek Pacitan Marwan menjelaskan agenda tahunan ini memiliki sejumlah tujuan, seperti sebagai ajang meningkatkan kualitas seniman, menambah pengetahuan budaya dan menyebarluaskan karya seni bernuansa tradisional. “Selain itu, kegiatan ini juga sebagai media untuk mempererat persatuan dan menjunjung harkat martabat bangsa melalui seni budaya,” ujar Bapak Marwan.

Tahun ini jumlah peserta mencapai 36 grup. Mereka berasal dari perwakilan 11 kecamatan dan 25 desa/kelurahan Se-Kecamatan Pacitan.  Untuk meraih predikat terbaik masing-masing peserta diberikan tiga kali kesempatan unjuk kebolehan sepanjang rute antara Jalan A Yani-Panglima Besar Jendral Sudirman. Masing-masing di lokasi pemberangkatan, depan gedung PLUT dan perempatan depan Pos Polisi Tanjungsari.  Festival ini akan berlangsung mulai tanggal 4 s.d 6 September 2017.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel