TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Lomba Ton Tangkas, Wujudkan Prajurit Mahir Ilmu dan Keterampilan Militer

By 19 Sep 2017 14:12Kodam IV/Diponegoro
13a

TNI AD – Semarang. Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah mengibaskan bendera start yang menandai dimulainya Garjas (Kesegaran Jasmani) peserta pada Lomba Peleton Tangkas Kodam IV/Diponegoro, Senin (18/9/2017).

Perlombaan Garjas dalam Ton Tangkas yang dilaksanakan di lapangan dr. Koesen Hiro Hoesodo tersebut diikuti oleh 12 peleton Satpur dan Satbanpur yang dilaksanakan selama tiga hari.

Para peserta lomba merupakan satuan pilihan yang telah diundi oleh Pangdam IV/Diponegoro pada tanggal 6 September 2017 yang lalu dan dihadiri oleh perwakilan tiap satuan.

Usai pelaksanaan Garjas dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dihadiri para pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro serta para peserta lomba dari Satpur dan Satbanpur.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Tatang Sulaiman melalui Kasdam IV/Diponegoro menyampaikan bahwa Peleton Tangkas ini sebagai sarana dan bahan evaluasi terhadap sejauhmana pembinaan dan tingkat kemampuan keterampilan militer yang telah dimiliki oleh setiap prajurit di masing-masing satuan melalui lomba Binsat. Dapat dikatakan bahwa lomba ini juga sebagai tolok ukur keberhasilan pembinaan satuan yang dilaksanakan komandan satuan selama ini.

“Prestasi yang dicapai dalam lomba pada dasarnya menjadi cerminan dalam pembinaan satuan itu sendiri,” ucap Kasdam membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro.

Menurut Pangdam bahwa semakin tinggi prestasi yang dicapai semakin baik pula pembinaan yang dilaksanakan, begitu pula sebaliknya semakin rendah pembinaan satuan menjadi cerminan buruknya pembinan satuan.

Diharapkan lomba ini dijadikan ajang menunjukkan kemampuan terbaik melalui kemampuan menembak, oramil, taktik dan teknis militer, karena hal itu merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI.

Lomba Ton Tangkas tahun ini mengangkat tema “Dengan lomba Peleton Tangkas Kodam IV/Diponegoro, Kita Wujudkan Prajurit Kodam IV/Diponegoro yang Unggul Bermental Juara Dalam rangka menghadapi Lomba6 Peleton Tangkas TNI Angkatan Darat”.

Dari tema tersebut diharapkan ditanamkan dalam setiap peserta sehingga tujuan dan sasaran lomba dapat tercapai dengan baik.

“Tunjukkan prajurit Diponegoro yang unggul bermental juara dan benar-benar mahir dalam ilmu dan keterampilan militer. Kerahkan kemampuanmu, sehingga tidak hanya meraih prestasi terbaik tapi juga mampu mengangkat citra satuan,” tegas Pangdam (Pendam 4).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lomba Ton Tangkas, Wujudkan Prajurit Mahir Ilmu dan Keterampilan Militer