TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Melalui Komsos, TNI Ajak Masyarakat Kaltim Perkuat Ketahanan Nasional

By 20 Sep 2017 14:26Berita Satuan
8__1_

TNI AD – Samarinda. Sebanyak 1.036 orang masyarakat Kabupaten Tana Tidung (KTT) mengikuti kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI di gedung Pendopo Jafarudin Tana Tidung, Minggu (17/9/2017).

Kegiatan Komsos tahun ini mengusung tema “Melalui Komunikasi Sosial TNI kita jalin hubungan silaturahmi antara TNI dengan komponen bangsa dalam rangka memperkuat ketahanan Nasional di wilayah”.

8__2_

Dalam paparannya Aster Panglima TNI Mayjen TNI Wiyarto, S.Sos., yang dipaparkan oleh Paban IV/Komsos Kolonel Kav Achmad Said, S.Sos., menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka menjalin silaturahmi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) khususnya Kalimantan Utara, sehingga kedepan semakin meningkat dan terbangun karakter bangsa untuk memperkuat ketahanan wilayah Nasional.

Menurut Aster Panglima TNI bahwa dengan pesatnya perkembangan penduduk dunia yang tidak diimbangi oleh kesedian pangan, energi, air, dan semua kebutuhan hidup manusia dapat memicu timbulnya berbagai konflik.

Seperti Proxy War adalah salah satu cara baru yang sengaja digunakan oleh pihak tertentu untuk menguasai suatu wilayah. Cara ini dikenal dengan berperang menggunakan pihak ketiga dimana negara yang berperang tidak saling berhadapan langsung untuk saling mengalahkan. Dengan sistem berperang menggunakan cara ini maka negara yang menjadi sasaran tidak mengetahui siapa sebenarnya lawan dan kawan.

Kolonel Kav Achmad Said, S.Sos., juga menyampaikan kepada seluruh kompunen bangsa yang berada di Kabupaten Tana Tidung Kalimantan Utara untuk mewaspadai cara baru ini atau dikenal Proxy War sebagai tantangan dan ancaman yang harus dihadapi.

“Diperlukan sinergitas dari semua lapisan dan golongan serta persatuan dan kesatuan dalam menjaga keselamatan Bangsa dan Negara Indonesia,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tana Tidung Dr H. Undunsyah, Wakil Bupati Tana Tidung Markus Yunkin, Padya 3/Kon KBT Letkol Inf Yoga Prawira S. S. Sos, Dandim 0903/TSR Letkol Inf Budi Permana, Asisten I Kab. Tana Tidung Ibrahim Adam, Asisten II Kab. Tana Tidung H Sahrul M.A.P, Kapenrem 091/ASN Mayor Czi Gathut Aryo Saputro, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0903/TSR, Tokoh Adat Tidung Armansa Ali, Ketua KSS Hapid Pidu, Ketua adat Dayak KTT Ingkop, Unsur SKPD dan FKPD, Toga, Toda, Tomas dan masyarakat Tana Tidung. (Penrem 091).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Melalui Komsos, TNI Ajak Masyarakat Kaltim Perkuat Ketahanan Nasional