TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Menjadikan “Pulau Pisau” Penyumbang Beras Terbesar di Kalteng

By 11 Sep 2017 18:51Berita Satuan
1a__1_

TNI AD – Kalimantan Tengah. Danrem 102/Pjg Kolonel Arm H. M. Naudi Nurdika melaksanakan panen padi bersama di lahan cetak sawah tahun 2017 wilayah Kodim 1011/Klk, di Desa Tahai Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Minggu (10/9/2017).

Danrem 102/Pjg mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa panen di lahan cetak sawah tahun 2017 di Pulang Pisau Kalteng ini merupakan yang pertama. “Kita patut bersyukur, berkat kerja keras semua pihak, panen padi di lahan cetak sawah ini, dapat kita laksanakan,”ujarnya.

1a__2_Kolonel Arm H. M. Naudi Nurdika menyampaikan, berkaitan dengan panen perdana di lahan hasil cetak sawah di Tahai Jaya ini, TNI Angkatan Darat sifatnya membantu, mendorong dan mendampingi petani agar senantiasa bekerja dengan giat serta penuh semangat. “Perlu disadari bahwa dengan kerja keras dan semangat, maka petani akan maju. Profesi sebagai petani merupakan profesi yang menjanjikan, sepanjang dilakukan dengan kerja keras dan sesuai arahan para penyuluh pertanian,”ujarnya.

Lebih lanjut Danrem mengungkapkan, secara umum panen padi bisa dilaksanakan dua kali dalam setahun, bahkan di lahan subur jika diolah dengan baik dan benar bisa panen tiga kali setahun. “Dengan perawatan dan pemupukan yang baik serta dukungan alat pertanian, maka produksi padi di Kalimantan Tengah pasti dapat dicapai,”ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pulang Pisau Puji Rustati Narang menyatakan, para petani dan masyarakat menunjukkan semangat dan kemauan untuk menjadikan Pulang Pisau menjadi penyumbang beras terbesar kedua di Kalteng setelah Kapuas. “Kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Pulang Pisau berterimakasih kepada TNI AD yang telah membantu, mendorong, memberi semangat kepada para petani di wilayah ini, sehingga para petani sangat bergairah dalam bekerja. Semoga kerja sama ini terus dipertahankan dan ditingkatkan,”sambungnya.

Sedangkan Dandim 1011/Klk Letkol Inf Ahmad Syaikhu,S.Ag menyampaikan, panen ini merupakan panen perdana di lahan cetak sawah di Tahai Jaya, Kecamatan Maliku seluas 30 hektar dari 146 hektar. “Adapun kendala yang cukup krusial adalah adanya hama tikus, yang perlu mendapat perhatian khusus dalam mengatasinya, “tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPPT Kalteng, Kepala Bulog Divre Kalteng, Kasiter Rem 102/Pjg beserta para Pasiter, Kadistan Kabupaten Pulang Pisau, Kasdim 1011/Klk, Persit KCK Cabang Kodim 1011/Klk, Kapenrem 102/Pjg, Pabung Kasbupaten Pulang Pisau, para Danramil jajaran Kodim 1011/Klk, Muspika Kecamatan Maliku, para Penyuluh Pertanian, dan Gapoktan Sri Rejeki Kecamatan Maliku.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menjadikan "Pulau Pisau" Penyumbang Beras Terbesar di Kalteng