Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Nobar G 30 S/PKI Mengingatkan Sejarah Kelam Jangan Sampai Terulang

Dibaca: 75 Oleh 21 Sep 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Kubu Raya. Pemutaran Film G 30 S/PKI adalah untuk mengingatkan seluruh prajurit dan keluarga besar Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura dan generasi muda, jangan sampai peristiwa yang kelam terulang kembali.

Hal tersebut dikatakan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos., pada awak media di Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya Kubu Raya, Kalbar, Rabu (20/9/2017).

Menurut Kapendam bahwa Kodam XII/Tpr akan melakukan pemutaran Film G 30 S/PKI, mulai Rabu (20/9/2017) malam pukul 19.30 WIB dan disetiap malam libur hingga malam terakhir pada 30 September 2017. Dimana warga dan keluarga Kodam akan Nonton Bareng (nobar) dalam menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah bagi seluruh anak bangsa. “Ya, kegiatan ini meneruskan sejarah yang terjadi saat itu, agar tidak melupakan sejarah,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kapendam menyampaikan bahwa Presiden RI pertama Bung Karno pernah mengatakan, jangan lupa Jas Merah (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah) dan jangan lupa jasa-jasa para Pahlawan.

Baca juga:  Prajurit Kodam XII/Tanjungpura Ikuti Sosialisasi Bujukmin Logistik Pengadaan Barang dan Jasa

Selanjutnya Kapendam menyampaikan bahwa pemutaran Film G 30 S/PKI juga untuk mengingatkan kepada generasi muda dan prajurit-prajurit TNI agar tidak melupakan sejarah. “Jangan sampai kejadian yang sama terulang kembali, semuanya sangat menyakitkan dan menelan banyak korban. Untuk itu, seluruh anak bangsa generasi muda harus tahu bahwa bangsa kita pernah punya sejarah yang kelam,” ungkapnya.

Dikatakan juga bahwa saat ini Di seluruh jajaran Kodam XII/Tanjungpura hingga ke Koramil-koramil sudah siap untuk melaksanakan nonton bareng bersama warga sekitar masing-masing. “Bahkan ada yang langsung contohnya pihak sekolah yang minta DVD untuk nobar dilaksanakan di sekolahnya sudah saya berikan, dan siap memfasilitasi untuk melaksanakan nobar Film G 30 S/PKI,” pungkas Kapendam. (Pendam 12).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel