TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I/BB : Mahasiswa Berperan Penting Dalam Sejarah Perjuangan Bangsa

By 05 Sep 2017 15:13Berita Satuan
1a__1_

TNI AD – Medan. Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri memberikan kuliah umum pembekalan Wawasan Kebangsaan Bela Negara kepada 3.572 mahasiswa/i baru pada acara pengenalan kehidupan kampus, Senin (4/9/2017), di Halaman Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Jalan Kapten Muchtar Basri, No. 3, Medan.

Dalam sambutannya pada acara pembekalan Wawasan Kebangsaan Bela Negara Pangdam menyampaikan bahwa Wawasan Kebangsaan sebagai sudut pandang suatu bangsa dalam memahami keberadaan jatidiri dan lingkungannya. Wawasan Kebangsaan pada dasarnya merupakan penjabaran dari falsafah bangsa itu sesuai dengan keadaan wilayah suatu negara dan sejarah yang dialaminya. “Wawasan ini menentukan cara suatu bangsa memanfaatkan kondisi geografis, sejarah, sosial budayanya dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasionalnya serta bagaimana bangsa itu memandang diri dan lingkungannya baik ke dalam maupun ke luar. Dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), makna dan hakikat serta Wawasan Kebangsaan tersebut sangat penting dipahami oleh setiap Warga Negara Indonesia, mengingat mahasiswa adalah merupakan salah satu elemen bangsa yang perannya dalam sejarah perjuangan kemerdekaan RI tidak bisa dilupakan,” ujar Pangdam.

1a__2_Pada kesempatan yang sama Rektor UMSU Dr. Agussani, M.AP., menyampaikan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa/i baru dilaksanakan selama 5 hari. “Laksanakanlah kegiatan ini sesuai dengan aturan yang berlaku di kampus ini, tidak ada kegiatan yang melanggar aturan kampus seperti tindak kekerasan dan lain sebagainya. Diharapkan para mahasiswa akan menjadi generasi penerus yang dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bersifat positif. Jangan terpengaruh dengan narkoba dan premanisme kampus kerena akan merugikan banyak pihak baik diri sendiri maupun kampus UMSU,” ujar Rektor UMSU.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Staf Ahli bidang SosBud, Para Asisten Kasdam I/BB, Kapendam I/BB, Kainfolahtadam I/BB, Buya Amiruddin, Wakil Rektor III UMSU, Ketua BPH UMSU, Ketua Pimpinan wilayah, Para Dosen UMSU dan Tamu Undangan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I/BB : Mahasiswa Berperan Penting Dalam Sejarah Perjuangan Bangsa