Skip to main content
Berita Satuan

Panglima TNI Ziarah ke TMP Prajurit TNI Di Timor Leste

Dibaca: 124 Oleh 21 Sep 2017Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Dili. Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi dan Wakasau Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja Baucau dan Seroja Dili, Timor Leste, Rabu (20/9/2017).

Menjawab pertanyaan wartawan saat ziarah di TMP Seroja Baucau Timor Leste, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa ada sebanyak 317 prajurit TNI yang dimakamkan di TMP Baucau. “Mereka adalah prajurit-prajurit terbaik TNI yang gugur dalam melaksanakan tugas negara dan bangsa dengan rela mengorbankan jiwa dan raganya,” katanya.

1a__1_

Panglima TNI mengatakan bahwa kondisi TMP Seroja Baucau sebelumnya sangat tidak terawat dan sebagian makam rusak. “Saat ini sudah di renovasi dan sudah layak sebagai Taman Makam Pahlawan, meskipun belum sempurna namun akan terus diperbaiki,” ucapnya.

“Saya menyampaikan rasa bangga dan hormat kepada masyarakat Baucau Timor Leste, yang telah membantu prajurit-prajurit TNI dalam memperbaiki TMP Seroja Baucau tanpa mau dibayar, bahkan mereka membawa makanan dan lain-lain,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Baca juga:  Juli, Ada Wakil Panglima

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa sebagian besar para prajurit TNI yang gugur langsung dimakamkan di TMP Seroja Baucau, sehingga tidak diketahui oleh keluarganya. “Saya atas nama Keluarga Besar TNI mendoakan, semoga arwah para pejuang TNI yang rela mengorbankan jiwa dan raganya diterima Tuhan Yang Maha Kuasa. Hal ini menunjukan bahwa kami (Prajurit TNI) selalu mengingat, menghormati dan menghargai jasa-jasa mereka,” tuturnya.

Selanjutnya, Panglima TNI beserta rombongan melaksanakan ziarah ke TMP Seroja Dili, Timor Leste. Dihadapan wartawan, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Dili dan Baucau atas partisipasinya dalam membantu memperbaiki makam prajurit-prajurit TNI. “Ini suatu hal yang luar biasa, dan semoga hal ini dilihat oleh dunia internasional bahwa Indonesia dan Timor Leste tidak menatap masa lalu, bahkan ke depan membangun persahabatan dan lingkungan yang aman,” jelasnya.

“Kedepan, kegiatan seperti ini akan menjadi tradisi HUT TNI, dan tiap tahun Panglima TNI tetap melaksanakan ziarah ke TMP yang ada di Timor Leste,” pungkas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (Puspen TNI)

Baca juga:  Jam Komandan Jadikan Komunikasi Efektif

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel