TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pasukan Garuda Semangat Rayakan Idul Adha Walaupun Tanpa Keluarga

By 02 Sep 2017 15:11Berita Satuan
4a__1_

TNI AD – Lebanon. Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda Misi Perdamaian Dunia Unifil 2017 yang berada di wilayah Naqoura, diantaranya Satgas Force Head Quarter Support Unit (FHQSU), Force Protection Company (FPC), Military Community Outreach Unit (MCOU), Civil Military Coordination (CIMIC) Unit, Level II Hospital dan Staff Officer FC Unifil menggelar Sholat Idul Adha 1438 H, bertempat di Lapangan Soedirman Camp, Unifil HQ Naqoura, Lebanon, Jumat (1/9/2017).

4a__3_Idul Adha merupakan hari raya kedua dalam Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya. Idul Adha terjadi dua bulan setelah lebaran Idul Fitri yang jatuh tepat pada 1 Syawal. Hari Raya Idul Adha dikenal dengan Idul Qurban, karena pada lebaran ini, umat Islam yang mampu disunahkan untuk berkurban.

Kontingen Garuda Unifil 2017 dibawah pimpinan Kolonel Inf Surya Wibawa S tetap merayakan Idul Adha 1438 H dengan penuh semangat dan kebersamaan walaupun jauh dari keluarga. Beberapa  tentara beragama Muslim yang tergabung dalam misi perdamaian dunia dari negara lain seperti India, Prancis, Tanzania dan Srilanka ikut menjalankan Sholat Idul Adha bersama.

Sholat Idul Adha dimulai pada pukul 06.40 waktu Lebanon, bertindak sebagai Imam dan Khotib adalah Rahmansyah Farouq yang merupakan Staf dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Lebanon. Dalam ceramahnya, beliau mengangkat tema “Meningkatkan Ketaqwaan kepada Allah SWT”.

Rahmansyah Farouq menyampaikan, sejarah yang terjadi pada Nabi Ibrahim saat bermimpi diperintahkan untuk menyembelih putranya Nabi Ismail. “Namun, Ismail diganti dengan seekor domba yang dibawa oleh Malaikat Jibril. Dan pada saat itu juga semesta alam beserta seluruh isinya bertakbir “Allahu Akbar” mengagungkan kebesaran Allah SWT atas kesabaran umat-Nya dalam menjalankan perintahnya,”ujarnya.

Pada Hari Raya Idul Adha ini, para prajurit TNI pun juga ikut melaksanakan kurban dengan menyerahkan hewan kurban kepada Staf KBRI guna disalurkan kepada kaum fakir dan miskin yang tersebar di beberapa daerah di Lebanon.

Usai menjalankan sholat berjamaah dan ceramah, seluruh prajurit saling bersalam-salaman, dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan menikmati makanan khas Indonesia yaitu masakan rendang yang tidak ditemukan di daerah misi. Hal ini mengobati rasa rindu para prajurit pasukan Garuda akan kampung halaman.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pasukan Garuda Semangat Rayakan Idul Adha Walaupun Tanpa Keluarga