TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peduli Masyarakat Daerah Tempat Latihan, Kopassus Gelar Karya Bhakti

By 18 Sep 2017 16:58Berita Satuan
4

TNI AD – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD melaksanakan bedah rumah seorang warga Sukabumi Ibu Mamah (64 tahun) di Kampung Ciraksamala, Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jumat (15/9/2017).

Bedah rumah tersebut merupakan wujud kepedulian dan perhatian Kopassus untuk membantu kesulitan yang dialami masyarakat. Tidak hanya bedah rumah, pada kegiatan bakti sosial dan karya bakti tersebut juga dilakukan pengobatan gratis bagi 2.000 warga, pembangunan sarana MCK di 12 desa dan pembagian Sembako sebanyak 3.000 paket bagi warga masyarakat di wilayah Kecamatan Kabandungan, Kecamatan Cikidang, Kecamatan Kelapa Nunggal, Kecamatan Bojong Genteng, dan Desa Citalahap serta bantuan meja kursi sekolah untuk Madrasah.

Penyerahan secara simbolis bantuan MCK diterima oleh Kepala Desa Cihamerang Dedih Hermawan dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) oleh Ibu Mamah dari Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni di lapangan sepakbola Kecamatan Kelapa Nunggal, Sukabumi. Penyerahan secara simbolis tersebut dilakukan usai pelaksanaan upacara penutupan latihan pertempuran hutan TNI AD Gelombang-III tahun 2017, latihan pembebasan sandera Sat-81 Kopassus dan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan pada hari Minggu (17/9/2017).

Pembangunan MCK di 12 lokasi diantaranya Desa Nangka Koneng dan Desa Kelapa Nunggal Kecamatan Kelapa Nunggal oleh prajurit Grup 1 Kopassus, Desa Bandar Serang dan Desa Parakan Teluk Kecamatan Cikidang oleh prajurit Grup 2 Kopassus, Kampung Cisarua Desa Cipeuteuy dan Desa Cihamerang Kecamatan Kabandungan oleh prajurit Grup 3 Kopassus, Kampung Pasir Badak Desa Cipeuteuy dan Kampung Cilodor Desa Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan oleh prajurit Sat 81 Kopassus dan empat lokasi di Kampung Citalahap Desa Mendekati Kecamatan Nungging Kabupaten Bogor oleh prajurit Pusdiklatpassus Batujajar.

Paket Sembako yang dibagikan berisi susu, gula pasir, biskuit, mie instant, kopi, minyak goreng dan teh dengan harga senilai lima ratus ribu rupiah. Sebanyak 16 dokter umum dan dokter gigi serta lima apoteker farmasi dari Kopassus dan tenaga medis. Para dokter dan petugas medis Kecamatan Kabandungan dilibatkan untuk mengantisipasi warga masyarakat yang membludak untuk berobat ke lokasi. Ribuan warga yang mengikuti pengobatan gratis terlihat antusias, karena dari sejumlah pos kesehatan yang disediakan terlihat dijejali warga yang antri ingin berobat.

Dalam amanatnya, Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni menyampaikan bahwa kegiatan upacara penutupan latihan kali ini sengaja dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial dan karya bakti dalam rangka memperingati HUT ke 72 TNI sebagai wujud nyata pengabdian Kopassus kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dilaksanakan di Sukabumi yang merupakan salah satu daerah latihan Kopassus yang memiliki nilai strategis serta dapat membantu meringankan kesulitan masyarakat sekitar.

“Kami menyadari bahwa pemberian bantuan ini belum sepenuhnya bisa menjangkau harapan kita semua. Namun demikian, melalui kegiatan semacam ini diharapkan dapat memotivasi seluruh komponen masyarakat agar ikut peduli dan berperan serta dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat, sehingga setiap anak bangsa dapat saling berbagi dan saling mengasihi”, tegas Danjen.

Diakhir amanatnya, Danjen mengucapkan selamat bertugas dan selamat kembali ke satuan masing-masing kepada para prajurit Kopassus yang tergabung dalam peserta latihan. Kepada warga masyarakat, Danjern Kopassus berharap semoga kegiatan bakti sosial dan karya bakti ini dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya.

Upacara penutupan latihan dan kegiatan bakti sosial juga dimeriahkan dengan aksi demonstrasi para penerjun free fall Kopassus, pertunjukan tarian Lengser dan tarian Merak. Selesai pertunjukan tarian Merak, rombongan Danjen Kopassus dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus meninjau tempat pengobatan massal yang berada tidak jauh dari lokasi tempat upacara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadanjen Kopassus, para pamen ahli Danjen Kopassus, para Dansat dan Kabalak Kopassus, Bupati dan anggota FKPD Kabupaten Sukabumi, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat Sukabumi. (Pen Kopassus)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peduli Masyarakat Daerah Tempat Latihan, Kopassus Gelar Karya Bhakti