TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

“Sahabat Sejati” Perkuat Nasionalisme Pemuda

By 16 Sep 2017 18:31Berita Satuan
4a

TNI AD – Pemuda merupakan salah satu ujung tombak dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Bahkan, TNI tak henti-hentinya untuk terus merangkul seluruh pemuda melalui beberapa cara, diantaranya melalui program Sehari Bersama TNI (Sahabat Sejati).

Beberapa hari yang lalu, Kodam V/Brawijaya mendatangi salah satu lokasi yang dijadikan target berlangsungnya acara Sahabat sejati. Program tersebut merupakan inisiatif yang dikeluarkan oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M. D. A, yang merupakan salah satu kegiatan serbuan teritorial.

Program tersebut dilaksanakan oleh seluruh jajaran Komando kewilayahan yang berada di bawah Komando Kodam V/Brawijaya. Diawali dari Korem 081/DSJ yang dilaksanakan di Yonif 511/DY di Blitar pekan lalu. Kegiatan berikutnya akan dilaksanakan oleh Korem 082/CPYJ, Korem 083/BDJ dan Korem 084/BJ yang akan dilaksanakan di Yon Arhanud 8 di Sidoarjo.

4a

Dikatakan oleh Kapendam V/Brawijaya Kolonel Arh Sinthu Bas Igantius, S. Sos ketika menghadiri bakti sosial donor darah di Mall Tunjungan Plaza, Kota Surabaya, kegiatan tersebut sangat penting untuk digelar dalam membentuk pemuda yang berkarakter dan memiliki wawasan kebangsaan.

“Dari materi yang disajikan maka sasaran kita adalah pemuda yngg berwawasan kebangsaan, cinta tanah air, disiplin, mampu bekerjasama dan rasa memiliki terhadap bangsa ini. Selain itu, diharapkan pemuda yngg telah dibekali tersebut akan menjadi pelopor sebagai agen perubahan bagi rekan-rekannya di sekolah,” ungkap Kapendam V/Brawijaya.

Kapendam mengatakan, sebanyak 2.000 peserta kategori pelajar SMA/SMK se- Jawa Timur akan mengikuti acara Sahabat Sejati. Dari ribuan peserta, akan terbagi menjadi delapan gelombang yang pada pelaksanaanya akan dilaksanakan di delapan satuan TNI AD di Jawa Timur hingga 29 Oktober 2017.

“Program ini akan berlangsung hingga 29 Oktober 2017 mendatang dan didominasi oleh pelajar di Jawa Timur,” kata Kapendam.

Kapendam menegaskan bahwa kegiatan itu tidak ada kaitannya dengan pelatihan militer.

“Selama mengikuti kegiatan ini, para peserta hanya diberikan pembekalan wawasan kebangsaan, pengenalan Alutsista, Outbond dan renungan malam,” tegasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

"Sahabat Sejati" Perkuat Nasionalisme Pemuda