Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Tim Ekspedisi NKRI Ajari Metode Belajar Bagi Anak-Anak PAUD di Asmat

Dibaca: 74 Oleh 27 Sep 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Asmat. Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-1/Asmat melaksanakan kegiatan dalam bidang pendidikan dengan menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kampung Waganu 2 Kabupaten Asmat, Senin (25/9/2017).

Kegiatan ini merupakan program rutin tim pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberi rangsangan pendidikan guna membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut serta melatihnya berinteraksi dengan teman-teman sebaya.

11a (2)

Selama kegiatan, anak-anak usia 3-6 tahun yang belum sekolah diberikan semangat agar mau belajar membaca, menulis serta berhitung oleh tim Pengabdian Masyarakat Subkorwil-1/Asmat. Sebelum belajar, tim membagikan bubur kacang hijau agar anak-anak semangat dalam belajar, walaupun terbatas ruangan anak-anak tetap mengikuti pelajaran dengan senang hati sampai pelajaran selesai.

Pada kesempatan tim juga mengajarkan pola hidup bersih kepada anak-anak, mulai dari cara mencuci tangan yang baik sampai cara menggosok gigi yang benar.

“PAUD memperkenalkan anak pada dunia sekolah, membiasakan anak terhadap kegiatan terstruktur, mengajari anak untuk disiplin dan mengikuti peraturan, menumbuhkan imajinasi dan kreativitas, menanamkan nilai-nilai positif dan membentuk dasar kepribadian anak,” Kata Kepala Bagian Operasional Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Letkol Inf Ade Candra.

Baca juga:  Korem 172/PWY Menfasilitasi Perdamaian Masyarakat Pegunungan Dan IKEMAL

Menurutnya, tim pengajar lebih banyak menggunakan gerakan, bernyanyi, mengenal binatang, sehingga anak-anak langsung mempraktikkannya. Konsep belajar dan mengajar seperti ini sangat memudahkan anak-anak menghafal binatang sehingga tidak membosankan.

Sementara itu Dansubkorwil-1/Asmat Mayor Inf Febi Andrianto menyampaikan bahwa pihaknya mengajarkan anak-anak bagaimana cara untuk hidup sehat. “Melalui PAUD, kami mengajarkan anak-anak mengenai gaya hidup bersih dan sehat,” tandasnya.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, Pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Keikutsertaan berbagai komponen masyarakat, khususnya generasi muda dalam kegiatan Ekspedisi NKRI, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran bela negara, wawasan kebangsaan, serta rasa persatuan seluruh komponen Bangsa, mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelestarian alam.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel