TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Yonif Raider 514 Kostrad Gelar Latihan Pancangan Kaki Pantai

By 29 Sep 2017 13:19Berita Satuan
7a__1_

TNI AD – Situbondo. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh prajurit Raider Kostrad adalah mampu menghadapi medan tempur di laut, sehingga untuk memelihara kemampuan tersebut, 269 prajurit Batalyon Infanteri Raider 514 Sabadha Yudha Kostrad menggelar latihan aplikasi Pancangan Kaki Pantai (PKP) di pantai Banongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (21/09/2017) yang lalu.

PKP (Pancangan Kaki Pantai) merupakan suatu operasi yang dilakukan di perairan pada saat suatu kapal/perahu akan melaksanakan pendaratan pada suatu tempat yang dijadikan suatu sasaran strategis. PKP ini harus dilakukan guna menyiapkan pendaratan pasukan dari laut sebelum melaksanakan operasi selanjutnya.

7a__3_

Komandan Batalyon Infanteri Raider 514/SY Letkol Inf Arif Harianto mengatakan bahwa PKP merupakan salah satu materi operasi dilaut dari materi Ralasuntai (Rawa, Laut, Sungai dan Pantai) dengan menggunakan sarana laut seperti LCR dan dilaksanakan oleh tingkat Regu, Peleton, dan Kompi untuk menduduki wilayah pantai yang nanti akan dimasuki atau Infiltrasi kedaerah musuh untuk menghancurkan sasaran yang sudah ditentukan secara cepat, senyap dan tepat.

Adapun tujuan dilaksanakannya PKP adalah untuk merebut Pancangan Kaki Pantai dilanjutkan dengan serbuan. “Karena tuntutan tugas ke depan bukan hanya di darat saja kemungkinan ancaman dari sektor perairan akan muncul juga, sehingga kita harus mempersiapkan operasi di laut,” tandasnya. (Penkostrad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Yonif Raider 514 Kostrad Gelar Latihan Pancangan Kaki Pantai