Skip to main content
Kodam II/Sriwijaya

TNI Wujudkan Kepedulian Sosial, Sembari Pengecekan Patok Batas RI-PNG

Dibaca: 56 Oleh 04 Sep 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Boven Digoel. Dalam rangka menjaga wilayah kedaulatan NKRI di sektor Selatan Papua, Satgas Pamtas Yonif 405/SK melaksanakan patroli patok perbatasan RI – PNG MM.7.6 di daerah Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, Minggu (3/9/2017).

Patroli patok perbatasan tersebut, menempuh jarak 43 Km dari Pos Kalikao Satgas Pamtas Yonif 405/SK. Medan yang dilalui cukup menantang dan bervariasi, tim patroli harus menembus lebatnya hutan belantara yang terjal dan curam serta melintasi derasnya sungai Mal dan Birim.

 

Perjalanan saat menempuh medan yang sulit dan cuaca yang tidak menentu, tidak menjadi penghalang bagi anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK dalam melaksanakan tugas pokok demi menjaga kedaulatan wilayah NKRI.Selama 4 hari dengan mengenakan baju basah kuyup tersiram air hujan serta berbekal logistik seadanya, akhirnya anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK berhasil menemukan patok MM. 7.6 perbatasan negara RI – PNG.

Dalam pelaksanaan patroli patok perbatasan kali ini, Satgas Pamtas Yonif 405/SK singgah di Kampung Wamko, Dinggo dan Benkim untuk melaksanakan kegiatan sosial pengobatan dan pemberian bantuan bahan makanan kepada masyarakat setempat.

Baca juga:  Kasdam II/Swj : Kodam II/Swj Harus Lebih Tertib

Disamping itu,Satgas Pamtas Yonif 405/SK juga melaksanakan pendataan penduduk untuk mengecek identitas warga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pada saat pendataan penduduk, Satgas Pamtas Yonif 405/SK menemukan beberapa orang warga negara PNG masih bermukim di wilayah Indonesia khususnya di Kampung Benkim. Kapten Inf Aris Arifianto, selaku pimpinan patroli patok perbatasan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada warga untuk mematuhi hukum tentang kewarganegaraan dan menghimbau kepada warga negara PNG untuk segera kembali ke wilayahnya.

Menurut Dansatgas Pamtas Yonif 405/SK, Letkol Inf Diantoro, S.IP., patroli pengecekan patok tersebut merupakan salah satu tugas pokok yang harus dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif 405/SK. Melakukan pengobatan dan pemberian bantuan makanan adalah wujud kepedulian sosial Satgas terhadap masyarakat yang tinggal disekitar tapal batas Negara RI – PNG. Bagi masyarakat PNG yang masih tinggal di wilayah Indonesia harus ada solusi bersama untuk memecahkan persoalan tersebut.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel