Skip to main content
Berita Satuan

Wujud Kecintaan Pada Rakyat, TNI Gelar Pengobatan Gratis di Pulau Panjang Kabupaten Serang

Dibaca: 122 Oleh 24 Sep 2017Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Serang. Sebanyak 2.500 orang mendapat pengobatan gratis dari TNI di Desa Pulau Panjang, Kecamatan Pulau Ampel, Kelurahan Pasir Putih, Kabupaten Serang, Jumat (22/9/2017).

Pengobatan gratis ini menggunakan KRI dr. Soeharso 99 yang merupakan rangkaian kegiatan Bakti Sosial (Baksos) TNI dalam rangka HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 dipimpin oleh Kadiskesal Laksma TNI Drg R.A Nora Lelyana, MH. Kes., selaku Koordinator Pelaksana.

Disela-sela kegiatannya Laksma TNI R.A Nora Lelyana yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) TNI AL menyampaikan bahwa pelaksanaan Baksos ini mendapatkan respon baik dari masyarakat di daerah Serang yang sungguh luar biasa. “Kemarin kita hanya melayani sekitar 200 lebih tapi pagi ini kita baru turun jam 7 sampai jam 8 pagi yang sudah mendaftar sekitar 400 lebih. Inilah wujud kehadiran negara untuk mereka,” katanya.

IMG-20170922-WA0013Lebih lanjut Kadiskesal mengatakan bahwa TNI bekerja sama dengan seluruh elemen pemerintah terkait, bahu membahu membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan. Dengan menggunakan KRI dr. Soeharso, TNI berusaha menjangkau daerah-daerah yang sulit dalam akses kesehatan seperti di Pulau Ampel ini.

Baca juga:  Pastikan Patok Perbatasan Aman, Satgas Yonif 744 Gelar Patroli Bersama Polsek Turiskain

“Kita hadirkan semua, dari mulai pengobatan sampai spesialis lengkap untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat. Kita juga membawa 271 dokter spesialis di KRI dr. Soeharso,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Laksma TNI R.A Nora Lelyana menyampaikan bahwa tujuan khusus Baksos TNI adalah mewujudkan masyarakat sehat dan mendukung program Presiden RI yaitu program masyarakat sehat. “Tidak bisa hanya satu instansi, tapi semuanya harus bersinergi termasuk TNI yang merupakan bagian dari rakyat, kita hadir di pulau-pulau yang sulit terjangkau,” imbuhnya.

Laksma TNI Nora juga menyatakan bahwa dalam operasi Rumah Sakit Angkatan Laut, sudah biasa menemukan kasus-kasus sulit, seperti kasus yang membutuhkan penanganan khusus. Kalau memang membutuhkan perawatan lebih lanjut akan merujuk ke Rumah Sakit TNI yang ada. “Kegiatan Baksos di Pulau Panjang ini terdiri dari khitanan, pengobat gigi dan pengobatan umum serta menyerahkan 10 kursi roda dan 500 paket sembako. Kemudian ada 65 poli khitan, 43 poli gigi, 514 poli umum, dengan jumlah penduduk 2.500 orang terdiri dari 1.300 KK,” ujarnya.

Baca juga:  Korem 041/Gamas Gelar Wisata Berburu Massal se-Jawa Dan Sumatera

Diakhir sambutannya Kadiskesal selaku Koordinator pelaksanaan Baksos TNI menjelaskan bahwa kegiatan Baksos merupakan kemanunggalan dan peran aktif TNI bersama Rakyat TNI kuat. Kegiatan ini akan dilaksanakan di pulau-pulau yang berada di wilayah Provinsi Banten antara lain, Pulau Panjang, Pulau Tunda, Ujung Kulon dan puncaknya di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon Banten pada tanggal 28 September 2017.

“Kegiatan pengobatan ini langsung ditangani ditempat, apabila ada masyarakat yang belum dapat pengobatan bisa mendaftarkan lagi dan tentunya akan ditindaklanjuti pada kesempatan berikutnya,” tandasnya. (Puspen TNI)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel