Skip to main content
Kodam II/Sriwijaya

Babinsa Ujung Tombak Teritorial Menjaga Keutuhan Wilayah

Dibaca: 14 Oleh 03 Okt 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Lahat. Kodam II/Swj lahirkan 179 Bintara Khusus Babinsa melalui pendidikan pembentukan khusus Babinsa TNI Tahun 2017. Pendidikan pembentukan khusus Babinsa yang berlangsung selama 1 (satu) bulan ini, ditutup Wadan Rindam II/Swj Kolonel Inf Hardo Sihotang, bertempat di lapangan upacara Secaba Rindam II/Swj, Lahat, Sumatera Selatan, Senin (2/10/2017).

Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM Putranto, S.Sos dalam amanat tertulis yang dibacakan Wadanrindam II/Swj menyampaikan selamat atas keberhasilan para Bintara Siswa dalam menyelesaikan Diktukba Khusus Babinsa dan dilantik menjadi Bintara dengan pangkat Sersan Dua. “Semoga semua materi pendidikan yang telah diterima di lembaga ini menjadi modal dasar yang bermanfaat dalam melaksanakan tugas sebagai Babinsa di satuan jajaran Kodam II/Swj,”ujarnya.

Lebih lanjut Pangdam menegaskan, perubahan status dari golongan Tamtama menjadi golongan Bintara bukan sekedar perubahan pangkat yang disandang, tetapi harus berimplikasi terhadap perubahan sikap mental, perilaku dan kemampuan serta kondisi jasmani sebagai seorang Bintara yang merupakan tulang punggung satuan.

“Tugas sebagai Babinsa sudah menanti kalian. Selain melaksanakan Pembinaan Teritorial, juga membantu Pemerintah Daerah dalam pembangunan, seperti pendampingan program swasembada pangan, program cetak sawah baru, program tanam pasca cetak sawah. Disamping itu juga ada serap gabah hasil panen petani dan berbagai upaya khusus untuk menyukseskan swasembada pangan nasional di wilayah Sumbagsel serta antisipasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, membantu bencana alam dan lain sebagainya,” tandas Pangdam II/Swj.

Baca juga:  BIOS 44 Diperkenalkan Pada Peserta Asean Bonn Challenge

Pangdam menambahkan, Babinsa merupakan ujung tombak teritorial atau garda terdepan dalam rantai Binter, yang memiliki peran penting dalam rangka menjaga keutuhan wilayah, menegakkan kedaulatan negara. Sebagai ujung tombak Komando Kewilayahan, para Babinsa setiap saat akan bersentuhan langsung dan berada di tengah-tengah masyarakat, dimana sikap dan perilakunya akan senantiasa menjadi cermin bagi masyarakat. “Saya mengharapkan Babinsa agar menjadi contoh tauladan yang baik, mampu menjadi pelopor dan penggerak dalam usaha untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat di desa binaan masing-masing,”pesannya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Komandan Secata Rindam II/Swj, Kasdim Lahat, para Perwira, Gumil, Pembina dan Pelatih Secaba Rindam II/Swj.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel