TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gatotkaca Kridha di HUT TNI 72 Kodim Kediri

By 06 Oct 2017 14:58Kodam V/Brawijaya
bra8a

TNI AD – Kediri. Hiburan kesenian wayang kulit dalam rangka HUT TNI ke 72, digelar didepan Makodim 0809/Kediri. Pagelaran wayang kulit dengan judul “Gatotkaca Kridha” oleh Ki Dalang Gilang Nugraha ini, mengangkat kisah heroik dari sosok Gatotkaca saat menghadapi wangsa Kurawa, kamis (05/10/2017).

Dandim Kediri Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) mengundang Walikota Kediri, Bupati Kediri, Kapolresta Kediri, Kapolres Kediri dan Ketua DPRD Kota maupun Kabupaten Kediri. Selain itu, dari FKUB, FKPPI, LVRI, PPAD, Pepabri dan pimpinan instansi Pemerintah Daerah juga turut diundang. Pagelaran ini juga turut disaksikan sekitar 1.200 warga yang secara kebetulan lewat di Makodim Kediri maupun memang sejak awal ingin menyaksikan kesenian wayang kulit ini.

“Ini adalah budaya kita, warisan bangsa kita, jangan sampai anak cucu kita tidak tahu apa itu wayang kulit. Kalau bukan kita yang melestarikannya, budaya kita akan diklaim negara lain. Untuk itu dalam kaitannya HUT TNI ini, kita menggelar wayang kulit semalam suntuk, sekaligus menghibur warga Kediri, ” kata Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han).

Gatotkaca adalah ksatria pantang menyerah dan tegas saat menghadapi segala permasalahan. Ia juga seorang pekerja keras dan selalu berusaha mewujudkan apa yang ada dalam pikirannya maupun apa yang ditugaskannya.

Filosofi dari cerita pewayangan ini ialah apapun yang terjadi dalam kondisi apapun, semua harus dihadapi, bukan malah dihindari. Karena permasalahan tidak akan hilang tanpa solusi atau pemecahan.

Baik cerita maupun filosofinya bisa dikaitkan dengan visi dan misi TNI untuk menjaga NKRI dalam bingkai Pancasila ,serta tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai UUD 1945. Selain tugas pokok dan fungsinya, TNI juga mengemban tugas-tugas yang mengarah pada kepentingan masyarakat.
[10:36, 10/6/2017] Muhajir: 10. TMMD Non Fisik, Dinas Pertanian Ngawi Kembali Berikan Penyuluhan Pada Warga

TNI AD – Ngawi. Masih dalam rangkaian kegiatan non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 di Kecamatan Karanganyar, Ngawi. Kodim 0805/Ngawi kembali menggelar penyuluhan pertanian dan perkebunan yang diikuti oleh sekitar 70 orang warga Masyarakat. Kalau penyuluhan yang pertama diadakan di balai desa mengger untuk kali ini, penyuluhan pertanian yang ke dua diadakan di Balai Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi. Kamis malam, (5/10/17).

Dalam kegiatan tersebut, Kodim 0805/Ngawi kembali mengundang Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Pangan (Kasi Perlintan) Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Bpk. Kastam S.P., yang menularkan ilmunya kepada warga masyarakat melalui giat penyuluhan.

Kastam mengungkapkan, Selain untuk mewujudkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia para petani perlu diberikan penyuluhan-penyuluhan salah satunya terkait penggunaan obat dan pupuk untuk pertanian serta teknologi tepat guna untuk pertanian, dengan begitu, tingkat pengetahuan dan keterampilan para petani semakin baik dan dapat memberikan peningkatkan pula pada taraf hidupnya.

Selanjutnya Kastam mengungkapkan, bahwa Penyuluhan pertanian ini sebagai upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan hasil usahanya dan tingkat kehidupannya khususnya dalam bidang pertanian.

Dalam giat penyuluhan tersebut Bpk Kastam menyampaikan materi yang sedikit berbeda dengan pembahasan sebelumnya, yaitu ” Bagaimana Cara Memaksimalkan Penggunaan Pupuk Organik serta Pupuk Alami tanpa menggunakan Pestisida Buatan Pabrik”.

Untuk penyuluhan kali ini Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Pangan (Kasi Perlintan) Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Bpk. Kastam S.P. didampingi Babinsa Posramil Kecamatan Karanganyar Serma Dani serta lurah Karanganyar Setyo Budi.

Usai memberikan penyuluhan, Dinas pertanian Kabupaten Ngawi kembali membagikan obat semprot hama dan benih padi organik serta pupuk organik secara gratis kepada para petani desa Karanganyar.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan KORPRI TNI AD Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gatotkaca Kridha di HUT TNI 72 Kodim Kediri