TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kemarau Tiba, Prajurit Kostrad Suplai Air Bersih

By 13 Oct 2017 18:22Kodam IV/Diponegoro
bra8a

TNI AD – Malang. Air merupakan kebutuhan yang sangat vital untuk kebutuhan hidup sehari-hari, terutama pada musim kemarau seperti sekarang ini. Beberapa wilayah pun mengalami kekeringan dan krisis air bersih, termasuk yang di alami masyarakat di dusun Gunung Kunci dan Dusun Boro Oyot Desa Jabung, Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, Sabtu (7/10/2017).

Karena kedua Dusun yang dihuni sekitar 650 KK ini terletak di ketinggian, sehingga saat musim kemarau tiba mereka selalu mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Akibat sulitnya air bersih ini selain berdampak bagi warga sekitar, namun berdampak juga pada hewan ternak dan ladang warga yang notabenenya berternak dan bertani adalah mata pencaharian utama bagi warga di kedua Dusun tersebut.

Akan tetapi, minimnya air bersih di kedua Dusun itu mulai mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda). Dengan kerja sama antara BPBD (Badan Penangulangan Bencana Daerah) dan Yonif Para Raider 502 Kostrad menyalurkan ribuan liter air bersih yang di ambil langsung dari tempat penampungan air di dalam satuan Yonif Para Raider 502 Kostrad.

bra8b

Komandan Yonif Para Raider 502 Kostrad, Letkol Inf Febi Triandoko mengatakan bahwa bantuan itu merupakan kewajiban dan wujud keprihatinan terhadap warga di wilayah sekitar Desa binaan Satuan yang sedang mengalami kesulitan. Selain itu, kegiatan ini juga akan rutin dilakukan selama warga masyarakat masih membutuhkan bantuan air bersih.

Sementara itu, Kepala Dusun Gunung Kunci, Bapak Suwarno menuturkan bahwa dengan adanya bantuan air bersih ini dirinya merasa lega. Menurutnya, selama beberapa minggu ini, warga sekitar sering mengeluh karena air bersih harus membeli itupun masih kurang layak untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal senada juga dibenarkan oleh Bapak Muslim salah satu warga setempat yang mengaku sangat senang dan berterimakasih sekali atas bantuan air bersih yang diterimanya. “Terima kasih, saya berharap bantuan ini diberikan secara rutin selama musim kemarau dan sumur-sumur masyarakat masih kerin”, ungkaptnya.

“Syukur Alhamdulillah, kita diberi bantuan air bersih dan warga masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli air bersih,” tandasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemarau Tiba, Prajurit Kostrad Suplai Air Bersih