TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pancasila Menjadi Jawaban Untuk Mencegah Radikalisme

By 16 Oct 2017 16:24Kodam V/Brawijaya
bra4a

TNI AD – Blitar. Jajaran Korem 081/Dhirotsaha Jaya berupaya secara berkesinambungan memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi peserta “Sahabat Sejati” agar lebih mencintai bangsa Indonesia, di Madiun, Jawa Timur, Minggu(15/10/2017).

Pemberian materi Wasbang ini sebagai upaya memberi pengetahuan kebangsaan kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa, sehingga menanamkan pemahaman tentang Pancasila, agar dapat diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ke depannya.

bra4b

Pasi Komsos Korem 081/DSJ Mayor Arm Landung S dalam materi wawasan kebangsaan menyampaikan, pentingnya penanaman sikap yang terkandung dalam Pancasila untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Saat ini masih banyak generasi muda kita yang kurang mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu diberi pemahaman kepada generasi muda agar makin tumbuh sikap kebanggaannya kepada bangsa sendiri,”ujarnya.

Selain itu, Pasi Komsos juga menyampaikan tentang sejarah perjuangan bangsa dan proses perumusan Pancasila dengan berbagai kendala dihadapkan situasi dan kondisi bangsa saat itu. “Namun berkat perjuangan yang gigih dari para pejuang kita, Pancasila akhirnya menjadi dasar dan filsafah bagi Bangsa Indonesia,”ungkapnya.

Sementara itu, Kasiter Korem 081/DSJ Letkol Inf Kaharuddin Dj mengatakan, Indonesia saat ini terancam oleh munculnya PKI gaya baru yang akan merongrong bangsa melalui berbagai cara diantaranya makin banyaknya peredaran narkoba dan pemutarbalikan fakta sejarah. Kesemuanya itu ditujukan kepada para generasi muda masa depan bangsa. “Untuk itu perlu diberi wawasan kebangsaan agar para generasi muda tidak mudah terpengaruh dengan situasi yang demikian,”tegasnya.

Kasiter juga menambahkan, Pancasila menjadi jawaban untuk mencegah radikalisasi yang secara perlahan menyusup dalam kehidupan generasi muda. “Mari kita amalkan Pancasila itu dalam setiap kehidupan, agar keberagaman kita menjadi kekuatan untuk menangkal setiap gangguan,”pesannya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pancasila Menjadi Jawaban Untuk Mencegah Radikalisme