Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

PANGDAM I/BB : Bangun Kembali Persatuan, Kesatuan serta Nasionaliame

Dibaca: 149 Oleh 23 Okt 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri memberikan kuliah umum tentang wawasan kebangsaan dan bela negara kepada 275 mahasiswa dari 13 fakultas dalam rangka pertemuan forum pimpinan FIS/FISH/FPIPSLPTK Negeri se-Indonesia dan himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI). Forum pertemuan ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr Syawal Gultom MPd, di Hotel Arya Duta Jalan Balai Kota Medan pada Jumat, (20/11/2017).

Pada acara kuliah umum, Pangdam I/BB menyampaikan pada generasi muda saat ini pemahaman wawasan kebangsaan masih perlu ditingkatkan terutama dikalangan kampus yang kian memudar seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi.

2a__2_

” Untuk itu mari kita pahami makna wawasan kebangsaan dan membumikan wawasan kebangsaan kepada generasi penerus bangsa, khusunya diwilayah kampus. Wawasan kebangsaan saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, sehingga perlu dibangun kembali persatuan dan kesatuan bangsa serta jiwa nasionalisme. Diharapkan pada seluruh dekan, dosen dan tenaga pendidikan dimanapun berada diseluruh Indonesia untuk kembali mengaktualisasikan wawasan kebangsaan melalui pemahaman kebangsaan, rasa kebangsaan, semangat kebangsaan, dan integrasi nasional demi menjaga keutuhan wilayah NKRI” , ujar Pangdam.

Baca juga:  Kapendam I/BB Buka Pelatihan Junarlistik Jajaran Penerangan Kodam I/BB TA 2016

Pada waktu yang sama Rektor Unimed menyampaikan berbagai hal penguatan yang berkaitan dengan upaya menumbuhkan wawasan kebangsaan bagi anak negeri diantaranya yang sudah diatur dalam Permendagri Nomor : 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

“Maka kita semua diharuskan untuk membangun kembali Persatuan dan kesatuan bangsa dan jiwa nasionalisme. Ingat bangsa Indonesia tidak lahir dari dasar persamaan kelahiran, kesukuan, ras ataupun agama, tetapi karena ke Bhinekaan Tunggal Ikaan yang disatukan Idiologi negara Indonesia yaitu Pancasila.

Pada acara tersebut dihadiri para staf ahli Pangdam I/BB, lara asisten Kodam I/BB, para Kabalak Kodam I/BB, nara sumber guru besar dan wakil dekan FIS Unnes Prof. Dr. Wasino M.hum, Ketua HISPISI Prof. Dr. Warsono MS serta para dekan dari 13 fakultas ilmu sosial se-Indonesia. (Pendam I/BB)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel