TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Indobatt-03 Unjuk Kemahiran Beladiri Pada Acara United Nation Day

By 30 Oct 2017 15:03Berita Satuan
6a__3_

TNI AD – Darfur. Pasukan penjaga perdamaian yang sedang bertugas di Darfur Afrika (PBB Unamid), menggelar berbagai kesenian dalam rangka menyambut hari jadi ke-72 United Nation tahun 2017 yang diperingati setiap tanggal 24 Oktober.

Ada 7 negara yang tergabung dalam misi Unamid yakni Indonesia, Kenya, Bangladesh, Pakistan, Nigeria, Etiopia dan Sudan turut memeriahkan UN Day itu. Dimana Negara peserta tersebut menampilkan seni budayanya masing-masing.

Acara yang di pusatkan di wilayah Elburhania, Sudan Barat tersebut terselenggara berkat kerjasama antara PBB Unamid dengan pemerintah daerah setempat. Dalam sambutannya, Pejabat pemerintah daerah, Abdul Khalik Ibrahim mengucapkan terima kasih banyak dan kerjasamanya atas terselenggaranya kegiatan ini di wilayahnya.

Kegiatan ini banyak menyedot perhatian para penonton baik dari militer yang tergabung dalam Unamid Sector West maupun dari civilian dan masyarakat setempat. Terlebih acara ini dibuka dengan penampilan pertama dari kontingen Garuda, yakni para prajurit Indobatt-03 yang menunjukkan kemahirannya dalam ilmu beladiri Yong Moo Do serta Karate.

Yong Moo Do merupakan gabungan seni beladiri judo, taekwondo, apkido, dan hon sin sul yang berasal dari negara Korea itu ditampilkan oleh para prajurit Indobatt dalam bentuk tehnik-tehnik dasar yang kemudian diakhiri dengan tehnik-tehnik perkelahian satu lawan satu, baik bersenjata maupun dengan tangan kosong.

6a__5_

Sedangkan Karate yang merupakan seni beladiri asal Jepang, juga diperlihatkan oleh para prajurit Indobatt-03 tentang tehnik dasar, kata beregu kumite 3 orang, perkelahian satu melawan satu, satu melawan dua orang, serta permainan double stik yang diperagakan dua orang karateka. Tidak ketinggalah mereka juga menampilkan atraksi memukul beberapa kendi, dimana salah satu kendi besar berisikan dua ekor burung dara yang ketika dipecahkan.

Menurut komandan Indobatt-03 bahwa setiap adanya kegiatan dari Unamid, Indobatt-03 selalu menjadi salah satu kontingen yang selalu berpartisipasi aktif dalam mengikuti berbagai acara, dimana biasanya menampilkan seni marawis yang sangat di gemari di daerah ini atau tari tarian adat. Tetapi khusus dalam acara kali ini, kita menampilkan seni bela diri Yong Moo Do dan Karate.

Acara diakhiri dengan penampilan seni drama masyarakat Sudan yang menceritakan tentang masalah sosial ekonomi, kemudian dilanjutkan dengan melihat berbagai macam pameran foto-foto dari TCC (Troops Countrybuting Country) tentang kegiatan selama berada di wilayah Sudan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah sebuah organisasi internasional antar pemerintah yang terdiri 193 negara di dunia dan diperingati sebagai hari lahirnya yaitu tanggal 24 Oktober. Tujuan dari PBB adalah untuk memfasilitasi kerja sama dalam hukum internasional, keamanan internasional, pembangunan ekonomi, kemajuan sosial, hak azazi manusia dan pencapaian perdamaian dunia.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Indobatt-03 Unjuk Kemahiran Beladiri Pada Acara United Nation Day