TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Garuda di Kongo Peringati HUT ke-72 TNI

By 08 Oct 2017 16:55Berita Satuan
WhatsApp Image 2017-10-08 at 10.36.55

TNI AD – Kongo. Seluruh personel Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Konga XX-N/Monusco (Mission De L Organesation Des Nations Unies Pour La Stabilization en Republique Demokratique du Congo) menggelar upacara Peringatan HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 di Base Camp Indo Eng Coy, Bumi Nusantara, Haut-Uele District, Kota Dungu, Republik Demokratik Kongo, Afrika Tengah, Kamis (5/10/2017).

WhatsApp Image 2017-10-08 at 10.36.54

Dalam amanatnya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Komandan Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco Letkol Czi Nur Alam Sucipto, S.Sos., menyampaikan bahwa penyelenggaraan HUT TNI ini pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo juga menyampaikan bahwa kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. “Kedekatan dan kebesamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut,” ucap Dansatgas membacakan amanatnya Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, Indonesia akan terus menghadirkan TNI pada penyelesaian konflik internasional di bawah bendera PBB. Dalam pelaksanaan tugas luar negeri, prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB berhasil karena dapat berbaur dan diterima kebeadaannya oleh masyarakat setempat. “Hal ini menandakan bahwa keberadaan prajurit TNI selalu mendapat hati di lingkungan masyarakat sekitarnya, karena TNI selalu menjunjung tinggi kearifan lokal di manapun prajurit TNI berada,” ungkapnya.

Sedangkan usai kegiatan upacara yang dilaksanakan secara sederhana ini Dansatgas menyampaikan kepada seluruh personel Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco agar bisa mengambil makna pada peringatan HUT Ke-72 TNI tahun ini.

Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco beranggotakan 175 Prajurit TNI dari ketiga angkatan (TNI AD, TNI AL dan TNI AU) sebagian besar berasal dari Batalyon Zeni Konstruksi 11/DW dan Batalyon Zeni Konstruksi 12/KJ yang berdomisili di Jakarta dan Palembang.

Satgas ini dipimpin oleh Letkol Czi Nur Alam Sucipto, S.Sos sebagai Komandan Satgas (abituren Akademi Militer tahun 2000) yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Batalyon Zeni Konstruksi 11/DW di Matraman, Jakarta Timur.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Pasukan Indonesia ditempatkan di tiga UN Camp, yaitu COB Dungu, TOB Tadu dan TOB Demu. Selain bertugas menjadi pasukan penjaga perdamaian Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco juga melaksanakan kegiatan CIMIC (Civil Military Coordination) diantaranya, bantuan pelayanan kesehatan, pemberian bantuan kepada masyarakat, anjangsana, rehabilitasi jembatan/jalan, dan lain-lain. Hal ini bertujuan sebagai sarana diplomasi, sehingga keberadaan personel Satgas Kontingen Garuda dapat diterima oleh masyarakat lokal di Republik Demokratik Kongo. (Pen Konga XX-N/Monusco)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Garuda di Kongo Peringati HUT ke-72 TNI