Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

Satgas TMMD Oba Beri Bantuan dan Latih Warga Budidaya Emas Biru

Dibaca: 76 Oleh 18 Okt 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Maluku. Satgas TMMD ke-100 Kodim 1505/Tidore memberikan bantuan berupa alat untuk menangkap ikan (bubu) kepada masyarakat di Ds. Gita Kec. Oba Kota Tidore Kepulauan Prov. Maluku Utara, Selasa (17/10/2017).

Bukan hanya itu, Satgas TMMD juga memberikan penyuluhan tentang Emas Biru yang menjadi program unggulan dari Kodam XVI/Pattimura.

Kali ini Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing selaku Dansatgas TMMD Ke-100 yang langsung memberikan penyuluhan dan pelatihan tersebut. Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Desa Gita Bpk Ade M. Rasid dan kelompok nelayan di wilayah Oba Kota Tidore.

bra8a

Menurut Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari sasaran non fisik TMMD dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi.

Dijelaskan Dansatgas TMMD, Maluku Utara memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah khususnya di sektor perikanan, sehingga sangat dimungkinkan untuk masyarakat Desa Gita melakukan penangkapan ikan dengan tidak merusak habitat laut dan tidak merusak kekayaan alam. “Kodim memberikan bantuan alat tangkap ikan (bubu) ini kepada kelompok nelayan setempat karena alat tersebut merupakan salah satu alat tangkap ikan yang ramah lingkungan,” paparnya.

Baca juga:  Teleconference Berkala Kasad Terkait Penanganan Bencana Alam di Kalimantan dan Sulawesi

Kepala Desa Gita Bpk. Ade M. Rasyid beserta kelompok nelayan yang hadir sangat senang atas bantuan yang diberikan Satgas TMMD tersebut. Mereka terlihat sudah tidak sabar untuk mempraktekkannya di lapangan, karena selama ini para nelayan hanya mendengar dari mulut ke mulut bahwa tehnik tersebut sangat optimal dan bermanfaat sekali untuk membantu kemajuan masyarakat desa terutama nelayan setempat.

“Secara pribadi dan mewakili warga Ds. Gita saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan serta sosialisasi yang telah diberikan oleh TNI. Karena selama ini saya dan warga hanya mendengar dari Babinsa tentang Emas Biru dan sekarang saya sudah mengetahui apa dan bagaimana cara memanfaatkan Emas Biru tersebut,” ujar Kades Gita Bpk. Ade M. Rasyid.

Usai kegiatan Letkol Inf Harrisal Ismail Subing menyampaikan bahwa dengan diberikannya bantuan dan penyuluhan tentang Emas Biru tersebut pihaknya berharap dapat membantu meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat setempat dengan tetap mengedepankan cara-cara pemanfaatan Sumber Daya Alam yang ramah lingkungan, sehingga kelestarian alam khususnya biota laut akan tetap terjaga dengan baik.

Baca juga:  Kodim Tobelo Kembali Terima Penyerahan Senjata Organik

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel