Skip to main content
Berita Satuan

Tim Ekspedisi NKRI Gelar Pengobatan Gratis Serta Ajak Warga Lestarikan Alam

Dibaca: 223 Oleh 23 Okt 2017Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Papua. Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Subkorwil-2/Mappi kembali melakukan pengobatan massal di Distrik Nambioman Bapai Kampung Ima, Selasa (18/10/2017).

Sebanyak 250 orang dari berbagai jenjang usia turut memeriksa kesehatannya di pengobatan massal yang dilakukan oleh Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Subkorwil-2/Mappi sekaligus sebagai penutup kegiatan kali ini.

Pengobatan massal di Kampung Ima bukan pertama kali dilakukan. Dimana setiap tahun pada saat Hari Kesehatan Nasional (HKN) Dinas Kesehatan setempat melaksanakan pengobatan kepada masyarakat. Penyakit yang diderita oleh masyarakat Kampung Ima pada umumnya seperti Infeksi saluran pernafasan (Ispa) dan diare.

Awalnya masyarakat Kampung Ima kurang peduli mengenai masalah kesehatan, namun sekarang lebih baik karena mereka sudah mau berobat ke Puskesmas terdekat. Terlebih lagi antusias yang tinggi dari masyarakat membuktikan betapa pentingnya kesehatan untuk diri sendiri.

7a__3_

Pengobatan yang dilakukan secara gratis ini pun sangat membantu masyarakat, pasalnya rata-rata perekonomian masyarakat Kampung Ima masih cukup rendah.

Baca juga:  Satgas Kodim Pegunungan Bintang Yonif PR 431/SSP, Berikan Penyuluhan Hidup Bersih dan Pengobatan Gratis

Dr. Theresia Puspita Sari selaku dokter Puskesmas Kepi yang membantu pengobatan berharap kedepannya lebih baik jika diadakan penyuluhan kesehatan ini sehingga masyarakat lebih peduli lagi dengan kesehatan mereka sendiri.

“Penyuluhan ini dilakukan lebih ke preventif/ pencegahan sebagai media informasi agar masyarakat lebih tertarik dan mengerti maksud dan tujuan diadakannya penyuluhan kesehatan ini,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pengobatan massal pun diiringi dengan penanaman pohon di Sekolah Dasar Santo Petrus Ima. Dengan harapan tidak hanya sekedar peduli pada kesehatan tetapi juga peduli terhadap lingkungan di sekitar kita.

“Sangatlah penting untuk kita menanam pohon dan sekaligus kita ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan dan bumi kita, mari kita berikan contoh kepada anak anak sejak dini untuk peduli dan melestarikan alam disekitar kita,” ucap komandan Subkorwil-2/Mappi Kapten Inf Pardol.

Kapten Paradol menambahkan dengan menanam pohon yang tepat, kita dapat membantu menangkal hilangnya spesies, serta memberikan peningkatan habitat bagi satwa-satwa di hutan lokal.

Selain itu dirinya juga mengungkapkan, penanaman pohon juga membantu masyarakat mencapai keberlanjutan ekonomi dan lingkungan jangka panjang, serta menyediakan makanan, energi dan pendapatan.

Baca juga:  Rumah Baru Frida Bila, Hadiah Lebaran Satgas Yonif 741

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat untuk membangun Indonesia.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel