TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Bangun Rumah Milik Warga Tua Renta di Sumbersari Jember

By 23 Oct 2017 06:45Kodam V/Brawijaya
9a__4_

TNI AD – Jember. Koramil 0824/11 Sumbersari bersama Babinkamtimbas Kel. Antirogo beserta warga melakukan renovasi rumah milik Bu Jum (70 Thn) di Trogowetan RT 04/04 Kel. Antirogo Kec. Sumbersari Kab Jember, Kamis (19/10/2017).

Bu Jum yang sudah menjanda selama 20 tahun tersebut memang kondisi ekonominya tergolong pra sejahtera, sehingga tidak bisa memperbaiki rumahnya yang hampir roboh.

Melihat kondisi tersebut, Danramil 0824/11 Kapten Inf Suharyono berinisiatif untuk memperbaiki rumah milik Bu Jum. Anggota Koramil bersama warga dengan semangat membongkar/ merobohkan rumah Bu Jum karena kayu bangunan rumahnya sudah rapuh sehingga harus di bangun dari awal. Selama proses pembangunan untuk sementara Bu Jum diungsikan kerumah tetangganya.

9a__2_

Saat ditemui, Bu Jum dengan terbata-bata mengatakan dalam bahasa Madura yang intinya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah memperbaiki rumahnya. “Saya tidak punya siapa-siapa namun rumah saya ini diperbaiki oleh pak tentara,” ucapnya.

Bu Jum juga mengatakan bahwa dirinya sudah tidak kuat melakukan pekerjaan apa-apa, sehingga hanya diam dirumah. Karena itu Bu Jum mengandalkan makanan yang dikasih tetangga atau sesekali masak sendiri kalua ada yang dimasak.

Danramil 0824/11 Sumbersari Kapten Inf Suharyono menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan laporan dari Babinsa bahwasannya ada rumah salah satu warganya yang mau roboh, sedangkan penghuninya seorang nenek renta. Berdasarkan laporan tersebut akhirnya Danramil bersama anggota mengecek ke lapangan dan memberikan arahan kepada Babinsa Serda M Yasin dan Kepala Lingkungan untuk menggalang bantuan materian berupa bambu dan lain-lain kepada warga sekitar untuk perbaikan rumah Bu Jum tersebut.

Atas kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto memberikan apresiasi kepada jajarannya yang memiliki kepedulian seperti itu. “Upaya-upaya seperti itulah yang harus dilakukan, artinya apabila ada permasalahan dalam suatu lingkungan dorong agar dapat diselesaikan ditingkat lingkungan seperti itu,” ungkapnya.

Menurut Dandim, sebagai TNI yang sejak lahir telah diberikan doktrin-doktrin yang harus dilakukan dalam rangka mendukung pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Salah satunya seperti pada 8 Wajib TNI poin 8 yang berbunyi “Menjadi Contoh dan Memelopori Usaha-usaha Untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Sekelilingnya,” Tegas Letkol Inf Rudianto.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Bangun Rumah Milik Warga Tua Renta di Sumbersari Jember