TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Adu Kecepatan Taklukan Halang Rintang Di Materi Terakhir Ton Tangkas II/2017

By 12 Nov 2017 15:38Ton Tangkas
WhatsApp_Image_2017-11-12_at_3.07.30_PM

TNI AD – Cipatat. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono mengangkat bendera Start tanda dimulainya materi Halang Rintang (HR) pada Lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode II Tahun 2017, bertempat di Lapangan Kartika Pusdikif Cipatat, Jawa Barat, Minggu (12/11/2017).

Materi HR ini merupakan materi perdana dan bergengsi yang diperlombakan menggantikan materi Peraturan Militer Dasar (Permildas) pada periode sebelumnya. Disamping itu, materi HR juga sebagai materi penutup pada lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode II yang digelar sejak tanggal 3 November dan akan ditutup pada tanggal 14 November mendatang.

WhatsApp_Image_2017-11-12_at_2.12.38_PM

Dalam materi HR, para peserta yang terdiri dari 15 Kodam dan 2 Satuan dari Divisi Infanteri Kostrad tersebut harus berjibaku menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan 20 rintangan yang ada. Seperti tanjakan balok, dinding tegak, kawat rayap, tangga rintang, balok tangga, dinding potlot, jembatann dan rintangan lainnya dengan menggunakan perlengkapan lengkap, yakni Rangsel, Helm Senjata dan lain sebagainya.

Sebagaimana disampaikan Kasad pada pembukaan Lomba Ton Tangkas periode II kemarin (Jumat, 03/11/2017), bahwa materi Halang Rintang (HR) perlu dilombakan, karena dalam pertempuran sesungguhnya selain dihadapkan pada kemampuan musuh juga harus menaklukkan iklim, cuaca, medan dan segala bentuk rintangan. Menurut Kasad Jenderal Mulyono, untuk dapat mengatasi rintangan, tidak hanya dibutuhkan kekuatan fisik semata, namun juga dibutuhkan kerjasama dan kepemimpinan dalam tim solid sebagai faktor penentu, serta aspek semangat pantang menyerah.

Selama perlombaan berlangsung, Kasad Jenderal Mulyono tidak henti-hentinya memberikan semangat kepada para peserta lomba untuk terus berjuang dalam mengatasi rintangan, khususnya pada rintangan terakhir atau HR 20. Dimana rintangan terakhir tersebut merupakan rintangan yang terberat bagi para peserta karena mereka harus menyebrangi kolam dengan menggunakan tali tambang sebagai pijakkan.

WhatsApp_Image_2017-11-12_at_2.12.31_PM

Adapun tiga besar kontingen tercepat dalam menyelesaikan materi HR itu, yakni Divif 2/Kostrad dengan Waktu tempuh 3 menit 33,41 detik, diposisi kedua kontingen dari Kodam XIV/Hsn dengan waktu tempuh 3 menit 44,49 detik dan posisi ketiga diraih oleh Divif 1/Kostrad dengan waktu tempuh 3 menit 55,59 detik.

Usai perlombaan, Kasad Jenderal Mulyono mencoba HR 20 untuk membuktikan bahwa sebagai prajurit TNI AD harus mampu dan bisa menghadapi segala rintangan yang ada walaupun nyawa taruhannya. (Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Adu Kecepatan Taklukan Halang Rintang Di Materi Terakhir Ton Tangkas II/2017