Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Kegiatan Cinta Alam, TNI Bersama Masyarakat Tanam Pohon Bakau.

Dibaca: 121 Oleh 23 Nov 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Papua. Anggota Koramil 1712-01/Sarmi Koptu Adrianus Ibo bersama masyarakat Pulau Liki melaksanakan kegiatan cinta alam dengan melakukan penanaman pohon bakau di sepanjang bibir pantai Pulau Liki, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, Rabu (22/11/2017).

Pohon bakau yang ditanam di sepanjang pantai dirasakan sangat banyak manfaatnya. Sudah sepatutnya kegiatan penanaman pohon bakau digalakkan oleh masyarakat demi menjaga kelestarian alam Indonesia khususnya dan kelestarian bumi pada umumnya.

“Dengan adanya pohon bakau ini dapat memberikan kontribusi keamanan wilayah pesisir dengan mengurangi dampak dari abrasi, badai, angin siklon hingga tsunami”, ujar Koptu Adrianus.

6a__1_

Koptu Adrianus menjelaskan, hutan bakau juga memiliki peranan penting dan manfaat yang besar secara langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir.

“Bagi kehidupan sehari-hari, hutan mangrove dapat juga membantu menyokong perekonomian warga yang hidup di lingkungan sekitarnya, seperti kayunya dapat digunakan sebagai kayu bakar, dijadikan tiang pancang dan masih banyak lagi manfaat lainnya”, ujarnya.

Baca juga:  Kasdam Terima Audensi Uskup Mgr Prof.Dr.Ignatius Suharyo Dari Keuskupan TNI-Polri

Dikatakannya, untuk mewujudkan hutan mangrove diperlukan kesadaran dari semua pihak agar keberadaannya bisa tetap dipertahankan.

Hal senada disampaikan oleh Yulianus, salah seorang warga Sarmi yang merasakan langsung manfaat dari hutan mangrove tersebut.

“Penanaman pohon bakau menjadi sangat penting apabila dalam pelaksanaannya didampingi oleh aparat TNI. Dengan pendampingan, maka masyarakat akan tergerak melakukan pelestarian alam secara sukarela. Apabila hal ini terus berlanjut dan dapat terwujud dengan baik, bukan tidak mungkin tempat ini akan menjadi tujuan wisata hutan mangrove”, ujarnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel