TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Materi HTF Butuh Fisik Prima dan Ketangkasan

By 09 Nov 2017 20:35Berita Satuan
WhatsApp_Image_2017-11-09_at_19.11.32

 

TNI AD – Cipatat. Kegiatan Lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode II tahun 2017, kini sudah memasuki materi HTF (How To Fine The Figther)  dan materi Menembak Senapan (Bakpan), Kamis (09/11/2017).

Kedua materi tersebut digelar selama tiga hari, yakni tanggal 9 s.d 11 November 2017 di Pusdikif Cipatat, Jawa Barat.

Pada meteri HTF hari ini, ada 6 Kontingen yang berlomba yaitu Kodam XVII/Cen, Kodam IV/Dip, Kodam XVIII/Kasuari, Kodam IX/Udy, Kodam XVI/Ptm dan Kodam V/Brw, sesuai dengan undian yang telah disepakati sebelum pelaksanaan lomba. Adapun start dan finish dipusatkan di lapangan Kartika.

Materi HTF ini dianggap materi yang berat, karena para peserta harus menempuh jarak sejauh kurang lebih 8,1 Km untuk sampai ke titik finish. Para peserta juga harus melawati berbagai medan yang bervariasi seperti tanjakkan, turunan, ketinggian, parit, jalan beraspal dan jalan berlumpur.

Disepanjang rute tersebut, para peserta juga harus bisa melewati 8 rintangan (pengujian materi) yang telah disiapkan panitia, yaitu Jembatan Tali Tiga, Jaring Pendarat, Peluncuran, Rayapan Tali Satu, Turun Hesti, Rappelling, Naik Togel dan terakhir Lempar Pisau dan Kapak (Lempika). Sehingga perlu tenaga ekstra dan ketangkasan bagi setiap prajurit peserta Lomba Ton Tangkas untuk menjadi yang tercepat masuk finish.

WhatsApp_Image_2017-11-09_at_19.12.47

Sementara itu materi menembak senapan yang dilaksanakan di lapangan tembak Pusdikif Cipatat hari ini, ada enam kontingen yang berlomba,  yaitu Kodam Jaya, Divif 1/Kostrad, Kodam II/Swj, Kodam VI/Mlw, Kodam 1/BB dan Divif 2/Kostrad.

Dalam materi menembak senapan tersebut, para peserta menggunakan senapan laras panjang dengan jarak perkenaan 100 meter tiga sikap penilaian, yakni sikap tiarap, duduk dan berdiri.

Sedangkan lima Kontingen lainnya yang tidak ikut materi HTF dan Menembak Senapan, yaitu Kodam XVII/Tpr, Kodam IM, Kodam XIII/Mdk, Kodam III/Slw dan Kodam XIV/Hsn mendapatkan waktu istirahat.

Hasil sementara HTF hari pertama, Kodam XVII/Cen waktu 01,43 jam, Kodam V/Brw waktu 01,51 jam, Kodam XVI/Ptm waktu 01,57 jam, Kodam XVIII/Ksr waktu 02,09 jam, Kodam IV/Dip waktu 02,18 jam dan Kodam IX/Udy dengan waktu tempuh 02,22 jam. (Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Materi HTF Butuh Fisik Prima dan Ketangkasan