TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI Wisuda 716 Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Akpol

By 03 Nov 2017 17:16Berita Satuan
2a__3_

TNI AD-Magelang. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mewisuda 716 Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Akpol, bertempat di Stadion Sapta Marga, Kampus Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah,Kamis (2/11/2017).

Upacara wisuda itu secara tradisi dinamakan Wisuda Prajurit (Wisudhajurit) menandai akhir masa pendidikan dasar terintegrasi kemitraan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian tahun akademik 2017.

2a__1_

Tahap integrasi itu dinamakan tahap Chandradimuka yang dijalani selama setahun bagi Taruna, Kadet, dan Karbol Akademi Milter, Akademi TNI AL, dan Akademi TNI AU. Sedangkan bagi Taruna Akademi Kepolisian, mereka hanya tiga bulan bersama-sama dengan rekan-rekannya dari ketiga matra TNI itu dan kembali lagi bergabung di ujung tahun pertama tahap Chandradimuka.

Prajurit Taruna dan Bhayangkara Taruna yang mengikuti wisuda terdiri dari 716 Taruna, 230 Taruna Angkatan Darat, 105 Taruna Angkatan Laut, 100 Taruna Angkatan Udara dan 281 Taruna Kepolisian.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, pendidikan dasar integrasi kemitraan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian untuk membentuk para prajurit TNI dan Bhayangkara Kepolisian secara bersama-sama membangun semangat integrasi. “Pendidikan dasar integrasi kemitraan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dilaksanakan agar para Taruna Akademi TNI maupun Akademi Kepolisian memiliki pengetahuan dan keterampilan profesi keprajuritan serta kesamaptaan jasmani untuk dapat mengikuti latihan dasar lanjutan di Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian,”ujarnya.

2a__5_

Lebih lanjut Panglima TNI menegaskan, Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian merupakan pemuda/pemudi pilihan yang disiapkan menjadi calon pimpinan TNI dan Kepolisian Indonesia pada masa depan. “Taruna harus ditempa dalam berbagai tahapan, pematangan kepemimpinan secara bertahap dan berkelanjutan, untuk mencapai cita-cita tersebut. “Para prajurit Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dituntut dapat mewujudkan semangat kebersamaan dan membangun soliditas antara TNI dan Polri,” ungkapnya.

Adapun predikat Taruna Akademi TNI Putra atas nama Aji Luqman Widodo No AK. 2017.072 Matra Darat, Putri atas nama Grace Ersi Rooman S. No AK. 2017.215. Matra Darat. Taruna Akademi Kepolisian Putra atas nama Hegar Gagah Anantaka. No AK. 2017.589 dan Putri atas nama Verren Vinayaka Deva No AK. 20178.686.

Hadir dalam kegiatan ini para Kepala Staf Angkatan, Kalemdiklat Polisi dan para Gubernur Akademi serta Gubernur Akpol.

Join the discussion 2 Comments

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI Wisuda 716 Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Akpol