TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peduli Lingkungan, Prajurit TNI Pelopori Penanaman Pohon Mangrove di Seram

By 11 Nov 2017 15:45Berita Satuan
bra4a

TNI AD-Seram Timur. Kepedulian terhadap lingkungan khususnya dalam upaya mencegah abrasi pantai menjadi tanggung jawab kita bersama.

Demi mewujudkan hal tersebut, Koramil 1502-09/Bula memelopori kegiatan penghijuan dengan penanaman pohon mangrove, bertempat di pantai Desa Tansi, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, Jumat (10/11/2017).

Danramil Bula Kapten Arm Ismail mengatakan, kegiatan penghijauan ini terlaksana berkat kerja sama KNPI Kabupaten Seram Bagian Timur dan Koramil 1502-09/Bula. “Penanaman secara simbolis dilakukan Sekda Kabupaten Seram Bagian Timur dilanjutkan personel Koramil 1502-09/Bula bersama siswa SMK Maritim Bula dan anggota Polsek Bula sebagai wujud kebersamaan TNI-Polri demi menciptakan lingkungan yang hijau dan aman dari bahaya abrasi pantai,”ujarnya.

bra4b

“Mangrove memegang peranan penting dalam melindungi lingkungan. Mangrove melindungi daratan dari abrasi, mengontrol intrusi air laut, dan yang terpenting sebagai tempat pemijahan ikan, udang, kepiting juga biota laut lainnya,”ungkap Danramil

Kapten Arm Ismail menyampaikan, dengan kondisi demikian, diperlukan upaya khusus untuk menjaga kelestarian mangrove. “Rehabilitasi dan konservasi menjadi salah satu upaya konkrit selain upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap mangrove,”ucapnya.

“Mari selamatkan dunia. Tanam sebanyak-banyaknya mangrove, implikasinya setiap hari kita panen air, tapi tidak kebanjiran dan tidak kekeringan,”tutur Danramil.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peduli Lingkungan, Prajurit TNI Pelopori Penanaman Pohon Mangrove di Seram