TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PENGUKUHAN SWK KORAMIL 10 GUNTUR UNTUK BELA NEGARA

By 24 Nov 2017 January 22nd, 2018 Kodam IV/Diponegoro
8a__1_

TNI AD – DEMAK. Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka (Saka) yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Tidak mudah menjadi anggota Saka Wira Kartika (SWK). Sebelum dilantik dan mendapat badge SWK, anggota harus menjalani ujian dan binaan dari Koramil 10/ Guntur. Kamis, 23 November 2017 kemarin merupakan tanggal pelaksanaan kegiatan ujian dan pelantikan Saka Wira Kartika tahun ini. Sebanyak 30 peserta menjalani materi long mars, pembuatan jerat atau perangkap, pengenalan jenis hewan dan tumbuhan yang bisa dimakan, serta mountenering, yang mengambil lokasi di Kecamatan Guntur Kompleks.

8a__4_

Komandan Koramil, Kapten Inf. Triyono, yang ditemui di tempat terpisah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar anggota yang dilantik mendapat kesan yang mendalam dan dapat membuka hatinya terhadap nilai – nilai positif yang telah ditanamkan selama proses pembinaan.

“Hal ini sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka, yaitu untuk membentuk manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli pada tanah air, bangsa, masyarakat, dan alam lingkungan, serta peduli pada dirinya sendiri dengan berpedoman pada Satya dan Dharma Pramuka,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan anggota Saka Wira Kartika bisa menjadi generasi muda Bangsa Indonesia yang siap dengan segala tantangan dan kelak menjadi pemimpin masa depan yang mampu melanjutkan perjuangan bangsa dan berkarakter sesuai dengan Satya Dharma Pramuka. ( Pendim 0716/Demak )

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kostrad Dinas Psikologi Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PENGUKUHAN SWK KORAMIL 10 GUNTUR UNTUK BELA NEGARA