Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

PENGUKUHAN SWK KORAMIL 10 GUNTUR UNTUK BELA NEGARA

Dibaca: 113 Oleh 24 Nov 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – DEMAK. Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka (Saka) yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Tidak mudah menjadi anggota Saka Wira Kartika (SWK). Sebelum dilantik dan mendapat badge SWK, anggota harus menjalani ujian dan binaan dari Koramil 10/ Guntur. Kamis, 23 November 2017 kemarin merupakan tanggal pelaksanaan kegiatan ujian dan pelantikan Saka Wira Kartika tahun ini. Sebanyak 30 peserta menjalani materi long mars, pembuatan jerat atau perangkap, pengenalan jenis hewan dan tumbuhan yang bisa dimakan, serta mountenering, yang mengambil lokasi di Kecamatan Guntur Kompleks.

8a__4_

Komandan Koramil, Kapten Inf. Triyono, yang ditemui di tempat terpisah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar anggota yang dilantik mendapat kesan yang mendalam dan dapat membuka hatinya terhadap nilai – nilai positif yang telah ditanamkan selama proses pembinaan.

“Hal ini sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka, yaitu untuk membentuk manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli pada tanah air, bangsa, masyarakat, dan alam lingkungan, serta peduli pada dirinya sendiri dengan berpedoman pada Satya dan Dharma Pramuka,” ujarnya.

Baca juga:  Tim Monitoring Percepatan Pengentasan Buta Aksara (PPBA) Tinjau Kegiatan Belajar Mengajar

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan anggota Saka Wira Kartika bisa menjadi generasi muda Bangsa Indonesia yang siap dengan segala tantangan dan kelak menjadi pemimpin masa depan yang mampu melanjutkan perjuangan bangsa dan berkarakter sesuai dengan Satya Dharma Pramuka. ( Pendim 0716/Demak )

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel