Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

Satgas 515/Kostrad Selamatkan 16 Korban Tenggelam KM Lingkar di Perairan Aru

Dibaca: 48 Oleh 27 Nov 2017Januari 21st, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Ambon – Sebanyak 16 penumpang dan anak buah KM Lingkar yang tenggelam di Perairan Aru, Maluku, diselamatkan oleh Satgas Yonif Raider 515 Kostrad pada Minggu (26/11), sedangkan 10 orang sampai saat ini belum diketemukan.

Laut Aru memakan korban lagi, kali ini adalah KM Lingkar yang tenggelam pada Minggu (26/11) di sekitar perairan Batu Bendera, sungai Benjina pada dini hari. Kapal yang memuat material tower dan 17 orang pekerjanya serta 9 ABK rencananya akan memasang Tower Telkomsel di Kab. Kepulauan Aru tepatnya di Desa Lorang, Manjau, Alagadang dan Irloi.

Menurut Danpos Satgas Yonif Raider 515/Kostrad di Kab. Kepulauan Aru, Pelda Muryono saat melakukan perjalanan menuju Dobo sekitar pukul 11.20 Wit menemukan sekelompok masyarakat berjumlah 16 orang di sekitar Batu Bendera, sungai Benjina melambaikan tangan minta pertolongan. Kemudian rombongan Pelda Muryono mendekati dan menanyakan apa yang sedang terjadi. “Ternyata mereka adalah korban selamat dari KM Lingkar yang tenggelam yang berjumlah 16 orang dan penyampaian dari mereka masih ada 10 orang yang hilang”, katanya.

Baca juga:  Kodam XVI/Pattimura Gelar Acara Pengarahan kepada Orang Tua/Wali Calon Bintara PK TNI AD

Sementara itu penjelasan dari Kapten Kapal KM Lingkar Anhar Jefratin, bahwa kapal berangkat dari Dobo pada Sabtu malam dan Minggu pagi sekitar pukul 04.45 WIT tiba di sekitar perairan Batu Bendera Sungai Baraka, Kab Kepulauan. Aru. Kapal tiba-tiba miring ke kanan selanjutnya kapal perlahan tenggelam, selanjutnya ABK kapal dan pekerja langsung menyelamatkan diri dengan melompat ke air untuk berenang menuju ke daratan yang jaraknya sekitar 50 meter. “Kami 16 orang dapat mencapai daratan dan selamat sedangkan yang 10 orang sampai sekarang nasibnya belum diketahui”, jelasnya.

WhatsApp_Image_2017-11-27_at_09.00.59

Beruntung menjelang siang hari melintas kapal kayu di perairan Batu Bendera, Sungai Barakai, Kep. Aru. Kapal kayu tersebut dari Mesiang yang bertujuan ke pelabuhan Dobo, yang ditumpangi oleh Danpos Satgas Pelda Mulyono Satgas 515/Kostrad beserta dua orang anggota selanjutnya melaksanakan pertolongan terhadap semua korban yang berhasil menyelamatkan diri di daratan, dan selanjutnya dibawa ke Benjina.

WhatsApp_Image_2017-11-27_at_09.01.20

Hingga saat ini 16 orang yang selamat sudah dievakuasi ke Polsek Benjina untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Sementara itu Danramil 1503-03 Dobo terus berkoordinasi dengan Danalanal Aru, Polres Kab.Kepulauan Aru dan BPBD Kab. Kepulauan Aru untuk melakukan pencarian terhadap korban yang saat ini belum diketemukan. Adapun korban-korban yang belum ditemukan adalah 9 orang pekerja tower antara lain Agus Suwiknyo, Abdul Wahab, Budiono, Hartono, Yanto, Faat, Bunawi, Khoirul, Ali Mudor dan satu ABK atas nama Anhar (Pendam16)

Baca juga:  Yonif Raider 515/ Kostrad Siap Ditugaskan Di Maluku

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel