TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Seluruh Personel Koramil 0824/25 Jenggawah Diterjunkan Perbaiki Rumah Warga Akibat Angin Puting Beliung

By 23 Nov 2017 13:14Kodam V/Brawijaya
8a__3_

TNI AD – Jember. Prajurit TNI dari Koramil 0824/25 Jenggawah bersama anggota Polsek Jenggawah dan Perangkat Desa serta masyarakat setempat menggelar karya bakti perbaiki rumah warga yang terkena angin puting beliung, Rabu (22/11/2017).

Dalam kegiatan itu sebanyak 10 personel TNI diterjunkan dibawah pimpinan Pelda Ashariyanto, dibantu 6 anggota dari Polsek Jenggawah, 10 orang dari perangkat Desa dan Kecamatan serta sekitar 36 orang warga setempat.

Bencana angin puting beliung terjadi pada Selasa (21/11/2017) sekitar pukul 15.00 WIB yang melanda 2 Desa yakni Desa Sruni dan Desa Jatimulyo Kec. Jenggawah Kab. Jember. Pasalnya pada sore itu hujan yang turun sangat deras disertai petir dan angin kencang. Akibat dari angin puting beliung tersebut, 3 rumah warga rusak berat, 8 gudang tembakau roboh dan 1 unit mobil pickup tertimpa pohon.

Berdasarkan data dilapangan, bahwa ke 3 rumah warga yang rusak itu berada di Desa Sruni, begitupun 7 gudang tembakau yang roboh. Sedangkan 1 gudang tembakau lainnya dan 1 unit mobil pickup yang tertimpa pohon berada di Desa Jatimulyo.

Kondisi tersebut langsung mendapat respon dari Danramil 0824/25 Jenggawah dan perangkat kecamatan lainnya untuk segera mengadakan langkah tanggap darurat dengan menggelar karya bakti TNI dengan sasaran pembenahan rumah warga yang terkena bencana tersebut.

8a__2_

Kegiatan itu merupakan upaya dalam rangka mempercepat pembenahan rumah milik warga akibat bencana, sehingga dapat segera ditempati kembali.

Danramil 0824/25 Jenggawah menegaskan bahwa dirinya bersama anggota dan relawan lainnya fokus terhadap pembenahan rumah. Sedangkan untuk gudang dan lain-lain, tentunya akan ditangani berikutnya kalau memang perlu penanganan bersama.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto terkait adanya karya bakti TNI. Bahkan dirinya juga menyiapkan backup personel manakala Danramil 0824/25 membutuhkan tambahan perkuatan.

“Saya mendukung langkah-langkah yang dilakukan untuk menfokuskan terlebih dahulu pada pembenahan rumah warga yang roboh,” ungkapnya.

Terkait dengan situasi cuaca saat ini, Letkol Inf Rudianto menuturkan bahwa dirinya telah mengingatkan dan menekankan kepada jajarannya untuk selalu waspada dan cepat tanggap. “Saya beberapa kali sudah menekankan kepada jajaran untuk waspada, terhadap kemungkinan terjadinya berbagai bencana di wilayah Kab. Jember,” tegasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Seluruh Personel Koramil 0824/25 Jenggawah Diterjunkan Perbaiki Rumah Warga Akibat Angin Puting Beliung