TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tak Hanya Jaga Perbatasan, Prajurit TNI Gali Potensi Anak di Daerah Tugas

By 21 Nov 2017 18:35Kodam VI/Mulawarman
bra8b

TNI AD – Palembang. Pos Komando Taktis (Kotis) Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 141/AYJP menggali potensi putra putri daerah Desa Batumajang dengan mengajari bela diri karate, pramuka, les pelajaran tambahan
serta menjadi tentara cilik.

Desa Batumajang Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur secara geografis terletak di pinggiran aliran sungai Mahakam. Sebagian wilayah Desanya adalah hutan yang masih alami dengan habitat satwa liar sehingga berbagai flora dan fauna bebas disana.

Sebagian besar penduduk Desa Batumajang bermata pencaharian sebagai petani. Dimana masyaraknya setiap hari pergi berladang di kilometer 8 sampai kilometer 30 hingga sore hari. Hal ini mereka lakukan guna meningkatkan perekonomian keluarga serta untuk membiayai anak-anaknya sekolah.

Tidak ingin anak-anaknya bernasib sama, masyarakat Desa Batumajang menyekolahkan putra-putrinya ke SDN 005 Batumajang yang merupakan Sekolah satu-satunya di wilayah tersebut. Di sekolah itulah mereka mendapatkan pendidikan formal mulai pukul 07.00 WITA sampai dengan pukul 12.00 WITA. Sepulang sekolah anak-anak tersebut belajar mandiri, karena sebagian besar orang tua mereka masih berada di kebun.

bra8a

Melihat kondisi tersebut, Pos Kotis Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 141/AYJP yang berada dekat dengan Desa Batumajang, selain melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan juga melaksanakan kegiatan teritorial salah satunya adalah dengan membantu masyarakat sekitar untuk mencerdaskan putra putri daerah Batumajang dengan melatih potensi putra putri daerah Batumajang untuk berlatih bela diri karate, menjadi tentara cilik, pramuka dan les pelajaran tambahan.

“Kegiatan ini merupakan bukti bahwa kami Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 141/AYJP peduli dengan masa depan anak-anak Bangsa dan masa depan Negara kita,“ ungkap Dansatgas Yonif 141/AYJP Letkol Inf Muhamad Aan Setiawan, S.Sos,.

Kegiatan itu mendapatkan apresiasi dari masyarakat setempat termasuk Petinggi Desa Batumajang Bpk. Yoseph Merang. Dirinya mengungkapkan bahwa dengan adanya Pos Kotis Satgas Pamtas RI-Malaysia 141/AYJP di Desanya sangat membantu terlebih bagi anak-anaknya. “Kami selaku orang tua berharap anak-anak kami kelak bisa menjadi generasi muda yang berguna bagi nusa dan bangsa,” tuturnya.

“Semenjak adanya bapak-bapak tentara disini, anak-anak kami tidak pernah surut semangatnya untuk berlatih dengan bapak-bapak tentara, karena sangat membantu pendidikan non formal yang bisa diterapkan di luar jam pelajaran sekolah,” ungkap Bapak Yoseph.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tak Hanya Jaga Perbatasan, Prajurit TNI Gali Potensi Anak di Daerah Tugas