TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tari Yospan Satgas Yonif PR 432/ Kostrad Tampil Dalam Festival Cross Border

By 04 Nov 2017 18:59Berita Satuan
9a__3_

TNI AD – Skouw. Untuk kedua kalinya Festival Cross Border digelar di PLBN Perbatasan RI-PNG di wilayah Skouw (31/10/2017) lalu.

Acara itu dihadiri oleh beberapa pejabat antara lain dari Konsulat Jenderal Indonesia untuk PNG, Kepala PLBN, Dansatgas Yonif PR 432 Kostrad, Dansatgas Yonif 410/Alugoro, Dansatgas Yonif 512/QY, Kementrian Pariwisata, Ka Distrik Muaratami, Danramil Muaratami, Kapolsek Muaratami dan tokoh adat setempat.

Tujuan dari diadakannya festival Cross Border oleh dinas pariwisata Papua ini yaitu mempererat hubungan antara masyarakat RI dan PNG yang tinggal diperbatasan. Selain itu untuk memperlihatkan ke mata dunia bahwa di daerah perbatasan RI-PNG, bukan daerah untuk ditakuti, tapi daerah ini merupakan kawasan wisata yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

9a__2_

Dalam acara tersebut ditampilkan pentas musik band dari Satgas Pamtas Yonif 512/QY, hiburan tradisional Tari Reog Ponorogo dari Masyarakat Koya Timur, Tari Yospan dari Satgas Yonif PR 432 Kostrad dan musik band lokal dari Jayapura serta band dari Vanimo PNG.

Antusias masyarakat sangat luarbiasa dalam Festival Cross Border itu, selain hiburan kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai sarana komunikasi bagi masyarakat setempat.

Kegiatan Festival Cross Border ini diisi juga dengan lomba hiburan, seperti lomba ketrampilan menyusun pinang, kuis, dan lain-lain dengan berbagai hadiah yang telah disiapkan panitia seperti bingkisan sembako, kaos dan topi.

Tidak dipungkiri, suksesnya festival ini tidak terlepas dari dukungan dan pengamanan yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif PR 432 Kostrad sebagai satuan yang bertanggungjawab akan keamanan di perbatasan RI – PNG. Disamping itu dengan adanya pengamanan dari TNI AD tersebut, wilayah perbatasan akan aman dari rongrongan yang mengganggu keutuhan NKRI. (Penkostrad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tari Yospan Satgas Yonif PR 432/ Kostrad Tampil Dalam Festival Cross Border